parenting

Bun, Kenali Gejala dan Pencegahan Tuberkulosis pada Anak

Annisa Karnesyia Kamis, 09 May 2019 17:02 WIB
Bun, Kenali Gejala dan Pencegahan Tuberkulosis pada Anak
Jakarta - Tuberkulosis (TB) menjadi penyakit menular yang harus diwaspadai, Bun. Penyakit infeksi yang disebabkan kuman ini mudah menular melalui udara, yaitu dari percikan dahak pasien.

Penyebabnya adalah kuman Mycobacterium tuberculosis. Kuman ini paling banyak menyerang organ paru.

"Kuman TB menyerang organ tubuh paru sekitar 85 persen, sisanya 15 persen pada organ di luar paru," kata Dr.dr.Erlina Burhan, MSc, SpP(K), dokter spesialis paru dan pakar TB, dalam acara 'Edukasi Media Mengenai Penyakit Tuberkulosis bersama Johnson & Johnson' di MTC Room, K-Link Tower, Jakarta Selatan, baru-baru ini.



Gejala umum TB adalah batuk berkepanjangan hingga 3 minggu atau lebih, sakit di dada, batuk darah atau berdahak, mudah lelah, dan penurunan berat badan. Pada anak, gejala umum seperti batuk justru tidak terlihat, Bun.

"Anak punya karakteristik sendiri. Kalau anak kena TB enggak selalu batuk. Gejala yang menonjol adalah berat badan anak tidak naik-naik, tidak mau makan, atau tadinya lincah jadi lemas dan pendiam.," ujar Erlina.

Tenang, Bun. Penyakit menular ini bisa disembuhkan dan dicegah kok. Pemeriksaan dan pengobatan yang diberikan pada anak enggak jauh berbeda dengan pasien dewasa.

Anak sakitAnak sakit/ Foto: thinkstock
Pengobatan TB pada anak juga berlangsung lama dengan minum obat selama 6 bulan. Di sini, butuh tingkat kepatuhan yang tinggi dari orang tua untuk tidak melewatkan jadwal minum obat anak.

"Pada anak pengobatannya sama seperti orang dewasa, yang berbeda hanya dosisnya saja," ujar Erlina.


Pencegahan dan penangan TB pada anak sama seperti pada umumnya, yaitu dengan melakukan pola hidup sehat. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Bunda lakukan.

1. Konsumsi makanan bergizi seimbang (sayur-sayuran, telur, ikan, daging, dan buah)

2. Istirahat yang cukup dan jangan tidur larut malam

3. Menjemur kasur atau tikar secara teratur agar tidak lembap. Matahari terbukti bisa membunuh kuman TB, Bun

4. Membuka jendela pada pagi hingga sore hari, agar rumah mendapat cahaya dan udara yang cukup.


Nah, sebelum tertular TB, sebaiknya Bunda biasakan anak untuk menjalankan pola hidup sehat ya.

[Gambas:Video 20detik]

(ank/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi