sign up SIGN UP search


parenting

Curhat Pilu Bunda soal Anak Dikucilkan karena Sakit Paru-Paru, Apakah Bisa Menular?

Asri Ediyati   |   Haibunda Kamis, 16 Jun 2022 04:00 WIB
Ilustrasi anak sakit ilustrasi bunda dan anak/Foto: Getty Images/iStockphoto/maroke
Jakarta -

Berat rasanya ketika melihat anak sakit, apalagi jika Si Kecil terbaring lemah berhari-hari. Seorang Bunda mencurahkan isi hatinya melalui akun TikTok, Bunda terseut tampaknya semata-mata ingin meminta doa dan semangat dari netizen.

Bunda pemilik akun TikTok @yoensjasmin, curhat soal anaknya, Hana yang dikucilkan tetangga karena mengidap sakit paru-paru. Lewat akunnya, ia menjelaskan bahwa anaknya itu awalnya mengalami demam selama tiga minggu.

Namun, begitu tes darah hasilnya bagus. Lalu, dari hasil rontgen dokternya menyarankan untuk dirawat tiga hari di rumah sakit. "Tidak (ada) pengobatan apa pun, hanya infeksi paru kata dokter. Dokter enggak menyarankan pengobatan atau terapi apa pun.." tulisnya, dikutip HaiBunda, Rabu (15/6/2022).


Hal yang memberatkan hatinya lagi, ketika ia tahu sedang dikucilkan tetangganya. Ini bermula ketika dirinya bertanya-tanya mengapa anak tetangga, teman main anaknya tak pernah main lagi.

"Nanya anak tetangga yang suka main sama anakku.. Kenapa enggak pernah main sama Hana lagi? 'Aku dilarang sama mama, enggak boleh dekat-dekat, enggak boleh main sama Hana. kalau ketemu lari aja, kata mamah nanti ketularan,'" tulisnya dalam keterangan di video.

Banner Buah yang Bagus untuk JaninFoto: HaiBunda/ Annisa Shofia

Videonya ini kemudian jadi viral dan dibanjiri komentar yang mayoritas dari para orang tua. Selain banjir doa dan semangat, sang bunda juga mendapat nasihat dari orang tua lainnya.

"Aku enggak nyalahin ibu-ibu yang larang anaknya deket-deket, tapi emang ibu-ibu itu pengen lindungi anaknya, seperti bunda juga, syafakillah de, pasti nanti ada temen," tulis seorang netizen.

"Maaf bunda tapi kalo ada temen anakku yg batuk pilek aja aku suka larang anakku untuk main dulu sampe anak tsb sembuh.orangtua ingin melindungi anaknya," tulis yang lain.

Terlepas dari itu semua, sang Bunda berharap agar tetangganya untuk menyampaikan pada anaknya dengan baik. Ini agar tak melukai hati sang anak yang kala itu sedang sakit.

Kabar terkini, sang Bunda juga mengabarkan kalau anaknya sudah sehat kembali dari infeksi paru. "Alhamdulillah anakku sudah sehat, sudah kembali ceria terima kasih atas doa semuanya,semoga di balas oleh Allah SWT."

Wajar sebagai orang tua untuk melindungi anak ketika anggota keluarga lain atau teman anak sedang sakit agar tidak tertular penyakit. Nah, masih berkaitan dengan sakit paru-paru, apakah benar sakit paru-paru pada anak bisa menular ke anak lain?

Dalam artikel ini, Bubun tidak mengulas sakit paru-paru pada anak karena sangat luas dan sakit paru-paru itu banyak jenisnya. Namun, Bubun akan membahas penyakit TB, penyakit yang paling banyak dibahas netizen yang berkomentar di video TikTok tersebut.

Baca kelanjutannya di halaman berikut.


Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga video tentang cacar monyet berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



TB PADA ANAK, MENULARKAH?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!