parenting

5 Tips Simpel Mengajari Anak Doa Berbuka Puasa

Radian Nyi Sukmasari Kamis, 09 May 2019 13:00 WIB
5 Tips Simpel Mengajari Anak Doa Berbuka Puasa
Jakarta - Di bulan Ramadhan ini si kecil sedang berlatih puasa, Bun? Jika iya, itu jadi waktu tepat untuk mengajarkan beberapa doa pada mereka, salah satunya doa berbuka puasa.

Memang susah-susah gampang ya, Bun, mengajari si kecil doa termasuk doa buka puasa. Nah, disampaikan dr.Meta Hanindita, Sp.A, sebenarnya kita bisa mengajari si kecil berdoa sejak dini, ketika anak masih bayi. Berangkat dari pengalamannya, Meta mengajari putrinya berdoa. Misalnya sebelum menyusu, si kecil diajak Meta berdoa.

"Tapi, saya enggak pernah memaksa anak saya. Setelah usia tiga tahun, anak saya sudah belajar salat dan kadang masih malas-malasan salat. Yang penting, dia mengerti bahwa sebagai seseorang yang beragama, ibadah baik doa maupun salat, memiliki makna yang penting," kata dr.Meta dalam bukunya Play and Learn.


Bila Bunda ingin mengajari si kecil berdoa, lakukan kapan pun, di mana pun, dan dalam kondisi apa pun. Misal saat anak sedang takut atau sedih, kita bisa mengajaknya berdoa, Bun.

Nah, kalau Bunda ingin mengajari anak doa berbuka puasa, berikut lima tips yang bisa dilakukan seperti dilansir Learn Religions:



1. Ajarkan konsep berdoa

Bunda bisa mengajari anak bahwa berdoa adalah bentuk komunikasi dengan Tuhan yang menciptakan kita. Dengan begitu, anak akan merasakan kedekatan dengan Tuhan dan dia bisa lebih bersemangat saat diajak berdoa.

2. Beri contoh

5 Tips Simpel Mengajari Anak Doa Berbuka PuasaFoto: iStock
Ingat bahwa anak adalah peniru ulung. Untuk itu, Bunda dan Ayah harus mencontohkan doa apa yang dibaca ketika berbuka puasa. Supaya lebih gampang, ajak anak berdoa bersama ya.

3. Anak malu-malu? Tak apa

Kadang-kadang, anak malu ketika harus berdoa di depan banyak orang. Untuk mengatasinya, Bunda atau Ayah bisa memulai membaca doa lebih dulu dan meminta si kecil menyelesaikan doa tersebut.


4. Ajarkan doa sesuai usia

Doa apapun yang hendak diajarkan ke anak, termasuk doa berbuka puasa, kita ajarkan perlahan ya, Bun. Kemudian, sejak dini ajarkan anak doa sesuai tahap usianya. Memulai mengajari anak dengan doa-doa pendek juga bisa jadi pilihan tepat.

5. Beri dukungan 

Selalu mendukung anak yang sedang belajar dan menghafal doa berbuka puasa. Jika dia lupa, beri tahu lafal doa selanjutnya. Ketika anak berhasil menghafal doa, apresiasi berupa pelukan, pujian, atau barang yang dibutuhkan anak bisa Bunda berikan kok sebagai bentuk reward.

[Gambas:Video 20detik]

(rdn/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi