parenting

4 Doa yang Bagus Diajarkan Pada Anak Jelang Berbuka Puasa

Ratih Wulan Pinandu Minggu, 12 May 2019 11:00 WIB
4 Doa yang Bagus Diajarkan Pada Anak Jelang Berbuka Puasa
Jakarta - Anak-anak seringkali merasa bosan menunggu datangnya waktu buka puasa. Menit demi menit mereka hitung sehingga membuat waktu berbuka puasa terasa semakin lama.

Kalau menghadapi situasi demikian, banyak Bunda yang mengaku kebingungan. Mendengar anak bertanya terus disertai rengekan untuk berbuka duluan, tentu jadi PR tersendiri kan, Bun?


Wah kalau sudah begini, kita harus pintar mencari cara untuk mengalihkan perhatian mereka. Daripada menyarankan anak bermain, lebih kita ajari doa-doa pendek yuk, Bun!


Menurut pakar parenting Hina Khan-Mukhtar, anak-anak sudah bisa diajarkan doa pendek sejak dini. Tapi tetap ya, Bun, disesuaikan dengan usia si kecil. Meskipun anak belum bisa bicara, namun saat mendengar doa yang diulang-ulang setiap harinya akan terekam dalam memori mereka.

"Tapi, untuk mengajarkan doa secara formal pada anak, orang tua bisa memulainya di usia 7 tahun. Di usia itu, anak umurnya sudah sekolah," sarannya dikutip dari Seekers Guidance.

4 Doa yang Bagus Diajarkan Pada Anak Jelang Berbuka Puasa4 Doa jelang berbuka puasa/ Foto: iStock

Beberapa doa yang bisa diajarkan ke anak antara lain doa seputar ada makan nih. Melansir buku 99 Doa & Dzikir Harian untuk Anak, ada tiga doa yang menarik diajarkan jelang berbuka puasa. Momen berbuka puasa dirasa pas, karena anak-anak dihadapkan pada hidangan yang lezat. Sehingga dapat mengajarkan mereka untuk bersyukur sekaligus.

1. Doa mau makan

Bismilliahir-rahmaanir-rahiim

Artinya, "Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang." Ya, mengajari anak-anak balita berdoa bisa dimulai dari lafaz Basmallah. Jelaskan pada mereka, kalau harus mengucapkan doa tersebut sebelum makan agar setan tidak ikut makan bersama kita.

2. Doa ketika lupa membaca Bismillah saat makan

Bismillahi awwalahu wa akhirahu.

Artinya, "Dengan nama Allah pada awal dan akhirnya." (Hr Abu Dawud dan at Tirmidzi). Saat anak-anak lupa membaca doa, tetap ajarkan untuk tetap membaca doa lain sebagai pengganti. Sehingga mereka tahu, bahwa dalam setiap makan yang masuk ke tubuhnya harus didoakan terlebih dulu.

3. Doa ketika diberi rezeki makanan

Allahumma baariklanaa fiihi wa ath'imnaa khairan minhu.

Artinya, "Ya Allah berilah kami berkah dengan makanan itu dan berilah makanan yang lebih baik." (HR. Tirmidzi). Nah, biasanya kan kalau puasa suka mendapat kiriman makanan dari tetangga dan saudara. Saat yang tepat untuk mengajari anak-anak berdoa ketik mendapat rezeki makanan nih, Bun.


4. Doa setelah makan

Alhamdulillaahilladzii ath'amanii haadzaa wa razaqaniihi, min ghairi havlin minni wa laa quwwah.

Artinya, "Segala puji bagi Allah yang telah memberi makan kami dan minuman kami, serta menjadikan kami sebagian orang-orang Islam." Nah, setelah mereka selesai berbuka puasa jangan lupa ajarkan pula mensyukuri nikmat makanan yang telah dihabiskannya.

Selamat mencoba ya! (rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi