parenting

Doa yang Bisa Diajarkan ke Anak Saat Hadapi Ejekan Ketika Puasa

Ratih Wulan Pinandu Senin, 13 May 2019 13:08 WIB
Doa yang Bisa Diajarkan ke Anak Saat Hadapi Ejekan Ketika Puasa
Jakarta - Mengajarkan si kecil berpuasa memang butuh kesabaran ekstra ya, Bun. Termasuk saat mereka terus bertanya kapan waktu berbuka puasa. Tak jarang membuat kita membolehkan mereka untuk 'puasa bedug' alias puasa setengah hari.

Selain itu, kita harus punya jurus ampuh untuk membuat si kecil enggak tergoda untuk cepat marah saat puasa. Meski masih kecil, Bunda bisa menyampaikan pada mereka kalau puasa bukan hanya menahan makan dan minum. Tapi juga harus mampu menahan marah ketika diejek, saat ketahuan hanya puasa bedug.


Mengajari puasa tidak perlu memaksa. Dalam Islam sendiri dijelaskan secara gamblang mengenai pendidikan anak. Salah satunya memberikan pendidikan agama sesuai dengan level umurnya masing-masing anak. Perbedaan usia akan mempengaruhi metode dan pendekatan dalam menyampaikan hal-hal baru.


Pengasuh Pondok Pesantren Madrasatul Quran (MQ) Tebuireng, Jombang KH Ahmad Mustain Syafii mengatakan, ada tiga fase dalam mendidik anak. Hal itu disesuaikan dengan ajaran Nabi Muhammad SAW lho, Bun.

"Ada tiga fase secara umum yaitu tahap awal 0-7 tahun, tahap dua 7-14 tahun dan tahap tiga 14-21 tahun," tulis Ahmad Mustain dilansir laman NU Online.

Doa yang Bisa Diajarkan ke Anak Saat Hadapi Ejekan Ketika PuasaIlustrasi anak berdoa/ Foto: iStock


Berbicara mengenai pendidikan agama, enggak cuma terbatas mengajarkan tentang salat dan puasa. Bunda juga bisa menyelipkan bacaan doa-doa pendek, sesuai dengan pengalaman yang mereka alami sehari-hari.

Pada momentum bulan Ramadhan seperti saat ini, ada doa yang tepat untuk diajarkan si kecil. Salah satunya doa saat menghadapi ejekan ketika berpuasa. Mengutip buku 99 Doa & Dzikir Harian untuk Anak, berikut doa yang bisa diajarkan pada si kecil.

"Innii shaa-im, inni shaa-im."

Artinya: "sesungguhnya aku sedang berpuasa. Sesungguhnya aku sedang berpuasa." (HR. Bukhari dan Muslim).


Secara perlahan-lahan, Bunda terus ajak si kecil untuk menghafal doa tersebut. Usahakan untuk mengajari mereka dengan cara santai dan menyenangkan. Lama-kelamaan, si kecil pasti hafal dan terbiasa untuk mengucapkannya.

Selamat mencoba!

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi