parenting

Rencana Dude Harlino Daftarkan Anak ke Pesantren

Annisa Karnesyia Rabu, 15 May 2019 06:58 WIB
Rencana Dude Harlino Daftarkan Anak ke Pesantren
Jakarta - Pasangan Dude Harlino dan Alyssa Soebandono punya rencana mendaftarkan anak mereka ke pesantren. Namun, keduanya tidak mau terburu-buru karena menunggu si kecil siap.

"Salah satu media edukasi terbaik menurut saya sih pesantren ya. Jadi menurut saya anak siap. Dan kita juga pantau. Anak mau atau nggak kita coba perkenalkan dulu. Kalau memang tepat dan anaknya siap Insya Allah kita coba," kata Dude, dikutip dari detikcom.


Menanamkan nilai agama menjadi tujuan Dude dan Alyssa memilih pesantren. Sebelum itu, pasangan yang menikah pada 2014 ini ingin lebih dulu mengajari sang anak soal agama, Bun.


"Memang kalau niat saya dan Ica yang pertama menanamkan agama dulu lebih awal. Supaya jadi dasarnya, karena dia baru mau TK, jadi hal-hal yang berkaitan dengan anak TK. Misalnya, doa-doa, huruf hijaiyah, dan surat pendek. Cara wudhu tahu, beberapa doa kayak doa makan, dan doa lainnya tahu," papar Dude.

Dude Herlino dan Alyssa SoebandonoDude Herlino dan Alyssa Soebandono/ Foto: Keluarga Dude Harlino (Asep/detikHOT)

Sejak dini, Dude memang sudah mengenalkan agama ke anak. Mulai dari mengajak salat ke masjid dan memanggil guru private untuk si kecil mengaji.

"Ada memang, guru ke rumah kita panggil, karena saya dan Ica mau dia punya basic secara keislaman apa yang harus kita tanamkan. Alhamdulillah cara gurunya mengajar sesuai dengan keinginan anaknya, sambil gambar dulu, main sepeda dulu, diikuti," ujar Dude.


Mengajarkan agama pada anak memang bisa dimulai dari keluarga sendiri, Bun. Peran orang tua dalam menanamkan agama dapat membentuk karakter anak kelak.

Menurut Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, pendidikan terpenting bagi anak adalah di rumah, bukan tempat lain. Karena itu, peran orang tua penting untuk membentuk karakter anak sejak dini, Bun.

"Fondasi utamanya iman, Islam, akhlak. Itu fondasi utamanya," kata Anies, dilansir detikcom.

Mengenai boarding school atau asrama seperti pesantren, Anies percaya isi pendidikan di dalamnya adalah yang terbaik. Terutama untuk mempersiapkan masa depan anak.

"Buat orang tua yang menitipkan anak-anaknya, mereka semua akan merasakan betapa kelak anak-anaknya akan menjadi generasi baru yang membanggakan dan membawa perubahan bagi umat," jelas Anies.

[Gambas:Video 20detik]

(ank/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi