sign up SIGN UP search


parenting

Bikin Nangis, Bunda Ini Cerita Perjuangan Anak Kedua Alami Bibir Sumbing hingga Operasi

Asri Ediyati   |   Haibunda Jumat, 01 Jul 2022 19:00 WIB
Ilustrasi doa kelahiran anak dalam Islam caption
Jakarta -

Saat hamil kedua kalinya, sebagian Bunda mungkin merasa santai dan lebih tenang karena pengalaman sebelumnya. Seperti yang dirasakan Yelis Rahma, seorang Bunda asal Jawa Timur.

Kehamilannya terasa lancar dan normal tanpa masalah, tetapi tak disangka-sangka janin sehat yang dikandungnya itu mengalami kondisi bibir sumbing. Pengalaman Yelis itu kemudian dicurahkannya lewat akun media sosialnya, di TikTok.


HaiBunda telah diizinkan Bunda Yelis untuk menulis kisahnya. Videonya mendapatkan lebih dari 3,5 juta views. Ribuan komentar berisi doa membanjiri akun TikToknya, Bunda.

"Ini kehamilan keduaku. Perasaan lebih santai menghadapi persalinan rajin cek ke dokter dan minum vitamin, dokter bilang semuanya baik, normal. Sampai akhirnya melahirkan. Baru saya tahu ternyata anak saya spesial," tulisnya dalam keterangan video.

Si Kecil yang spesial itu diberi nama Ibrahim. Lahir kurang dari 3kg dan mengalami bibir sumbing. Juga terdapat celah kanan dan celah dinding langit mulutnya, Bunda.

Memandangi Ibrahim, perasaan Yelis hancur, sedih, takut, dan merasa bersalah. ASI-nya pun seret karena terus memikirkan si bungsu. Stresnya juga bertambah karena juga berpisah dengan anak pertamanya karena sengaja dititipkan ke kakeknya dulu. Alasannya agar bisa fokus sama Ibrahim, Bunda.

"Akhirnya dalam seminggu asiku bener-bener tidak keluar, tapi PD ku tidak bengkak sama sekali. Stresku makin menjadi! Tiap malam nangisin anak kesatu karena baru pertama kalinya jauh dari aku," ungkapnya.

Yelis semakin merasa bersalah kala itu. Ia bahkan merasa gagal menjadi seorang bunda. Yelis bukan fokus dengan Ibrahim, tapi malah pikirannya buyar hingga menyakiti dirinya sendiri.

Sebulan lamanya tak bertemu, kesedihan Yelis perlahan usai ketika anak pertamanya akhirnya kembali bersama. Ia pun mulai ceria dan akhirnya bisa fokus lagi dengan Ibrahim.

"Aku pun mulai ceria. Menerima takdirNya dan memikirkan langkah apa yang harus aku lakukan ke depannya. Asal keluarga kecilku bersamaku aku pasti kuat dan bisa melalui ini semua," ujarnya.

Singkat cerita, Yelis sudah menentukan dokter bedah yang cocok untuk Ibrahim. Baca kelanjutannya di halaman berikut.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga video soal atasi sembelit pada bayi MPASI:

[Gambas:Video Haibunda]



BAHAGIA LIHAT IBRAHIM BISA TERSENYUM
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!