parenting

Tips Mudik Tanpa Ribet Bersama Si Kecil

Yuni Ayu Amida Rabu, 29 May 2019 04:04 WIB
Tips Mudik Tanpa Ribet Bersama Si Kecil
Jakarta - Mendekati lebaran, sebagian keluarga memutuskan mudik ke kampung halaman. Nah, kalau enggak punya bayi, tak perlu risau ya, Bun. Tapi kalau mudik membawa anak kecil, terbayang ya gimana ribetnya?


Nucha Bachri, pendiri parentalk.id dan #curhatbabu, berbagi tips nih untuk Bunda yang mau ajak si kecil mudik tanpa ribet. Jadi, selain persiapan barang bawaan, mesti ada komunikasi dengan pasangan sebelum berangkat.

"Kesepakatan dengan pasangan, kita tahu kita akan sama-sama lelah, jadi tolong kita gantian nih, jangan sama-sama kepancing emosi," tutur Nucha, dalam acara talkshow 'Mudik Tanpa Ribet' di Mothercare Grand Indonesia, Jakarta, beberapa waktu lalu.


Selain itu, kita harus memberi afirmasi positif pada anak. Tujuannya agar batinnya lebih siap dan lebih terkoneksi.

"Di briefing, misal sebulan sebelum. Kita mau liburan ke sini, nanti suasananya kayak gini, nanti pesawat segini lamanya. Nanti yang sehat ya, di sana kita akan lihat ini, ini, dikasih afirmasi positif," jelas Nucha.

Tips Mudik Tanpa Ribet Bersama Si KecilFoto: shutterstock
Yang harus diperhatikan lagi, urusan makan selama perjalanan. Karena saat mudik atau liburan, ada kecenderungan anak tiba-tiba malas makan. Jadi harus siapkan diri untuk skenario di luar rencana.

"Misalnya anak enggak mau makan, oke kita harus tetap bawa happy, dan bisa atur gimana caranya biar yang penting itu proteinnya masuk, dan nutrisi lainnya masuk. Usahakan bujuk anak makan yang ada dulu deh. Nah, ibu juga jangan baper," papar Nucha.

Tapi, bagi Nucha, yang terpenting dari mudik atau liburan itu adalah tujuannya, yaitu untuk menciptakan memori. Karena memori merupakan sesuatu yang tidak akan terulang, Nucha selalu berusaha mengabadikan setiap momen liburan dengan foto maupun video.

"Jadi, pastikan bahwa liburan harus memorable, ada sesuatu yang anak ingat tentang itu, entah itu foto, video, atau mungkin lewat cerita," ucapnya.


Yang enggak kalah penting lagi adalah barang-barang bawaan, Bun. Bawalah peralatan yang ringan, ringkas, dan enggak memberatkan kita ya.

[Gambas:Video Haibunda]

(yun/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi