parenting

Serunya Bunda dan Keluarga Mudik Gratis Bareng Transmedia

Yuni Ayu Amida Jumat, 31 May 2019 14:34 WIB
Serunya Bunda dan Keluarga Mudik Gratis Bareng Transmedia
Jakarta - Musim mudik Lebaran sudah tiba nih, Bun. Sebelum mudik, pasti banyak banget yang mesti dipersiapkan ya. Mulai dari barang bawaan, sampai tiket mudik kalau Bunda dan keluarga menggunakan transportasi umum.

Nah, pada tahun ini, Transmedia menyelenggarakan mudik gratis dengan menggunakan bus, dan salah satu rutenya yakni Sumatera. Peserta 'Mudik Kita Bersama 2019 TRANSMEDIA' adalah para karyawan Transmedia beserta keluarganya.

Menariknya, banyak peserta mudik yang bawa bayi nih. Salah satunya Nina (32) yang akan mudik ke Bandar Lampung. Nina mudik bersama suami dengan membawa serta dua anaknya, yang berusia satu tahun dan empat tahun. Dan ini adalah kali pertamanya ikut mudik gratis bersama Transmedia.



Diakui Nina, sebenarnya ada rasa khawatir membawa anak mudik karena terbayang bagaimana lelahnya. Namun, dia juga sudah antisipasi dengan membawa hal-hal yang pasti dibutuhkan kedua anaknya.

"Persiapan kalau buat bayi, bawa peralatan bayi, baju bayi, bawa nasi, susu, snack, popoknya, dan obat-obatan," kata Nina kepada HaiBunda, dalam perjalanan mudik Jumat (31/5/2019).

"Makanya bawa obat, takut sakit atau apa, tapi semoga enggak, semoga lancar. Tapi tetap antisipasi," sambungnya.

Serunya Bunda dan Keluarga Mudik Gratis Bareng TransmediaPeserta mudik gratis 'Mudik Kita Bersama 2019 TRANSMEDIA'/ Foto: Yuni Ayu Amida/HaiBunda
Selain Nina, ada juga Icha (35). Icha mudik dengan suami berserta tiga anaknya ke Padang, Sumatera Barat. Usia anaknya yang paling kecil enam bulan. Meski demikian, diakuinya tidak ada persiapan khusus di mudik ini. Dia hanya membawa hal yang sekiranya perlu.

"Enggak sih, paling bawa perlengkapan bayi aja, minyak telon, minyak angin, popok, camilan. Ya semoga lancar lah perjalanan," tuturnya.

Bicara soal membawa bayi dalam perjalanan mudik, dr.Marlyn Cecilia Malonda, Sp.A, mengingatkan, enggak semua bayi nyaman diajak naik kendaraan umum. Jadi, Marlyn menyarankan agar sebelum mudik, Bunda amati dulu kebiasaan si kecil. Mulai dari jadwal tidur dan waktu bangun tidurnya. Tak lupa, ketahui cara terbaik yang bisa menenangkan anak saat lagi rewel.

"Penting bawa camilan, sesuatu yang favorit buat anak wajib dibawa karena dalam perjalanan anak bisa merasa bosan. Kalau ada sesuatu yang menarik minat dia, anak jadinya enggak terlalu rewel dan merengek sama orang tua. Jadi, makanan untuk bayi, termasuk finger food, mainan favorit, itu penting lho dibawa," tambah Marlyn.


Dan yang pasti, kata Marlyn, bayi harus tetap dalam pengawasan ya, Bun. Perhatikan setiap gerakannya dan jangan sampai Bunda tertidur pulas, sementara si bayi malah terjatuh dari gendongan.

Nah, Bunda dan keluarga berencana mudik ke mana nih? Hati-hati di jalan dan selamat sampai di kampung halaman ya...


Simak juga ya, Bunda, cerita komedian Ade Jigo yang berencana mudik ke kampung halaman almarhumah istri sekaligus ziarah, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(yun/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi