parenting

Ajari Anak Mengelola Emosi dengan Doa Menahan Marah

Ratih Wulan Pinandu Jumat, 17 May 2019 13:32 WIB
Ajari Anak Mengelola Emosi dengan Doa Menahan Marah
Jakarta - Menghadapi anak-anak yang sedang marah memang butuh kesabaran ya, Bun. Enggak jarang mereka mengekspresikan kekesalannya dengan berteriak, menangis, hingga memukul. Kalau sudah seperti ini, Bunda dan Ayah pun rasanya jadi ikut tersulut ya emosinya.

Tetap tenang ya, agar kemarahan anak tidak menjadi-jadi. Saat orang tua ikut marah kemungkinan masalah malah akan semakin membesar tanpa muncul jalan keluarnya.


Pendiri situs Gentleparenting Sarah Ockwell-Smith dalam bukunya berjudul The Gentle Discipline menyarankan agar Ayah dan Bunda segera menemukan pemicunya untuk segera menemukan solusinya. Setelah itu, berikan bantuan pada mereka untuk meredakan emosinya.


"Fokus utama orang tua kurangi dahulu kemungkinan kerusakan yang terjadi dengan menjauhkan anak. Saat anak sudah tenang, ajak mereka bicara dan biarkan mereka mengungkapkan emosinya," tutur Ockwell-Smith.

Ajak si kecil bicara mengenai keinginan mereka, lalu tanyakan alasan kemarahan mereka, Bun. Beritahu mereka bahwa tidak semua hal bisa berjalan dengan keinginan kita. Terkadang, ada hal-hal yang membuat kita kecewa karena tidak semua kemauan bisa diwujudkan.

Seperti misalnya nih, si kecil nangis dan marah karena dibatasi nonton televisi atau YouTube. Beri pengertian bahwa mereka punya jadwal lainnya seperti belajar, mengaji, hingga tidur agar cepat pintar.

Ajari Anak Mengelola Emosi dengan Doa Menahan MarahMengajari anak doa menahan marah/ Foto: iStock

Jelaskan juga, kalau tidak semua mainan yang mereka lihat bisa dibeli. Beritahu kalau si kecil harus menabung untuk mendapatkannya.

Selain memberi pemahaman, Bunda dan Ayah juga harus memahami keingintahuan si kecil lho. Kadang, anak-anak melempar barang bukan hanya untuk mengekspresikan kemarahannya. Dia melempar dan menendang sesuatu karena dorongan rasa penasaran yang lebih tinggi sesuai dengan milestone usianya.

Nah, selanjutnya Bunda dan Ayah bisa mengajari mereka mengelola emosi salah satunya dengan berdoa. Melansir buku 99 Doa & Dzikir Harian untuk Anak, ajari doa berikut yuk untuk meredam kemarahannya.

A'udzubillaahi minasy syaithaanirrajiim.

Artinya, "Aku berlindung kepada Allah dari godaan setan yang terkutuk." (HR. Bukhari)


Pelan-pelan ajarkan doa pendek di atas pada si kecil. Enggak perlu memaksa mereka harus hafal, namun saat si kecil marah langsung ingatkan untuk segera membaca doa tersebut ya.

Selamat mencoba!

Saksikan juga yuk, Bun, gaya parenting Astrid pada anak semata wayangnya dalam video di bawah ini!

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/som)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi