parenting

Kreatif, Ardina Rasti Sering Bikin Mainan Sendiri untuk Anak

Annisa Karnesyia Kamis, 27 Jun 2019 12:05 WIB
Kreatif, Ardina Rasti Sering Bikin Mainan Sendiri untuk Anak
Jakarta - Ardina Rasti punya cara unik soal memilih mainan yang tepat untuk anak pertamanya yang kini berusia 6 bulan, Anara Langit Adria Respati. Istri Arie Dwi Andhika itu tidak membeli, namun membuat sendiri mainan sang anak.

Kata wanita yang akrab disapa Rasti ini, membuat mainan anak bisa menghemat pengeluaran. Belum lagi membuat mainan untuk si kecil menurut Rasti cukup mudah.

"Pernah kita lihat di toko mainan, harganya mahal, ternyata kalau buat sendiri enggak sampai 50 ribu sudah jadi. Dia bosen, kita enggak sakit hati kan," kata Rasti, dalam acara 'Perayaan dan Pembukaan Toko MR DIY ke-100' di Pluit Village Mall, Penjaringan, Jakarta Utara, baru-baru ini.



Selain menghemat, mainan yang dibuatnya tetap bisa membantu perkembangan anak, Bun. Misalnya, membantu perkembangan motorik.

"Biasanya plastik diisi air dan dimasukkan glitter. Sisa eye shadow juga, terus taruh di papan, dia mainin, itu bisa bantu (perkembangan) motorik dia," ujar Rasti.

Bagi Rasti, membuat kreasi mainan anak bukan tanpa petunjuk. Kadang, wanita 33 tahun ini sering melihat caranya dari video Youtube atau mengikuti kelas parenting.

Nah, memang sejak memutuskan mengurus anaknya sendiri, kata Rasti membuat mainan bisa menjadi caranya mengisi waktu. Apalagi sang anak juga ikut terlibat.

"Kalau misalkan Mas Arie lagi syuting, kan aku berdua doang, sambil buat-buat juga. Dan pada saat proses pengerjaannya juga dia jadi tertarik kan, ngeliatin kita," tuturnya.

Kreatif, Ardina Rasti Sering Bikin Mainan Sendiri untuk AnakKreatif, Ardina Rasti Sering Bikin Mainan Sendiri untuk Anak/ Foto: Instagram @ardinarasti6

Sekarang Anara memang masih kecil, Bun. Tapi Rasti sudah berencana untuk terus membuat mainan bagi anaknya sesuai tahap perkembangan dan usianya.

"Sekarang masih kecil, kalau sudah besar, naik lagi. Kayaknya pingin cari yang bisa bunyi-bunyi, lampu-lampu yang bisa menarik perhatian, untuk visualnya juga," papar pemain film Virgin ini.

Membuat mainan untuk anak memang banyak manfaatnya, Bun. Selain menghemat, pasti kita juga bangga ya.

Menurut psikolog anak dan keluarga, Anna Surti Ariani, membuatkan sesuatu untuk orang yang dicintai adalah salah satu bahasa cinta. Begitu juga membuatkan mainan anak.

"Nah, sebetulnya saat kita bikinkan mainan buat anak itu ekspresi bahasa cinta kita buat anak. Jadi kalau orang lain bilang kita pelit, okelah ini kan bentuk penghematan, berarti kita cerdas dalam mengatur keuangan, he-he-he," kata wanita yang akrab disapa Nina ini.

Mainan yang dibuat Bunda mungkin enggak sebagus yang dijual, tapi jangan berkecil hati ya. Itu semua wajar kok.

"Mainan yang kita buat untuk anak adalah bentuk ekspresi rasa cinta kita buat si kecil. Nah, saat itulah kepuasan luar biasa bisa muncul soalnya mainan tersebut jadi salah satu bahasa cinta kita ," ujar Nina.

Tunggu apa lagi, Bun. Yuk, mulai membuat mainan untuk si kecil. Salah satu inspirasinya bisa Bunda simak dalam video di bawah ini ya.

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi