parenting

4 Cara Kreatif agar Anak Terbebas dari Kecanduan Gadget

Dwi Indah Nurcahyani Kamis, 27 Jun 2019 15:29 WIB
4 Cara Kreatif agar Anak Terbebas dari Kecanduan Gadget
Jakarta - Melihat anak-anak asyik main gadget tentu bukan hal yang asing ya, Bun. Banyak Bunda mengaku kesulitan melarang anak-anaknya bermain handphone.

Tapi, bukan berarti bebas tanpa aturan ya. Bunda dan Ayah harus memberikan batasan agar anak enggak terpapar gadget secara berlebihan.

Kondisi ini menjadi tantangan tersendiri bagi banyak orangtua di luar sana termasuk Bunda. Apalagi, kecanduan gadget diketahui dapat berdampak kurang baik pada perkembangan anak-anak. Untuk itu, anak-anak memang sebaiknya tidak dibiarkan terpapar gadget secara berlebihan agar tidak mengganggu perkembangannya, Bun.


Bill Ratner, seorang penulis buku Parenting for the Digital Age menuturkan bahwa sebaiknya orangtua tidaklah takut untuk menerapkan aturan pada anggota keluarga di rumah.

"Setiap keluarga perlu menemukan formula yang sesuai. Bunda dapat menegosiasikan jam bebas ponsel di rumah, porsi bebas TV dalam seminggu, dan lainnya,"kata Ratner dikutip dari Time.

4 Cara Kreatif Mencegah Anak Kecanduan GadgetMencegah anak kecanduan gadget/ Foto: dok.HaiBunda

Selain itu, Ratner juga menyarankan agar Bunda sebaiknya tidak hanya fokus pada pembatasan penggunaan media semata. Ada baiknya, Bunda menciptakan kegiatan pengganti yang kreatif sehingga dapat dinikmati bersama anggota keluarga lainnya sebagai hiburan.

"Menghadapi rintangan untuk keluarga di era digital memang jadi tantangan kreatif. Perlu sedikit improvisasi, kreativitas, dan keinginan untuk mencoba hal-hal baru seperti mendongeng, dimana dapat menyuntikkan kebahagiaan dengan cara sederhana dalam keluarga,"saran Ratner.

Melansir Magiccrate, beberapa cara kreatif yang dapat meminimalisir anak-anak dari candu gadget, diantaranya:

1. Berikan contoh

Sisihkan ponsel, tablet, dan laptop Bunda selama beberapa jam setiap harinya. Kemudian, libatkan diri dalam bentuk hiburan alternatif dan habiskan waktu bersama keluarga serta anak-anak.

2. Ubah rutinitas

Libatkan anak-anak dalam kegiatan yang mengharuskan mereka meninggalkan ponsel atau gadget lainnya. Ubah rutinitasnya dan pastikan waktu luangnya tidak sama dengan agenda saat bercengkrama dengan layar gadget.

3. Batasi akses gadget

Simpan ponsel dan gadget lainnya agar anak-anak tidak mudah mengaksesnya sesuka hati, Bun. Selain itu, mereka pun mengetahui kapan waktu menggunakannya yang diperbolehkan.


4. Buat kegiatan seru di luar ruangan

Bermain di luar ruangan akan membantunya belajar bermain dengan anak-anak lainnya. Pada saat yang sama, hal tersebut juga membantunya membangun keterampilan motorik kasarnya ketika mereka berlari mengitari tanah dan menikmati beberapa permainan di luar ruangan.

Nah, selamat mencoba ya, Bun!

Simak juga yuk, Bun, bahaya anak kecanduan gadget dalam tayangan berikut ini!

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi