parenting

Curhat Zee Zee Shahab Saat Salah Pilih Sekolah untuk Anaknya

Ratih Wulan Pinandu Minggu, 21 Jul 2019 18:00 WIB
Curhat Zee Zee Shahab Saat Salah Pilih Sekolah untuk Anaknya
Jakarta - Zee Zee Shahab menceritakan pengalaman dalam menemukan sekolah terbaik untuk anaknya, Fauzi Khaleev Putra Revolusi. Zee Zee memasukkan Khaleev ke PAUD saat berusia tiga tahun, Bun.

Setelah dua tahun berjalan, ternyata justru laporan kurang menyenangkan yang diterima Zee Zee. Bukannya sang anak bertambah pintar, pihak sekolah menjelaskan kalau Khaleev kesulitan menghafal dan mengeja.

Mendengar hal itu, tentu Zee Zee sebagai orang tua langsung merasa panik. Setelah ditelusuri lebih lanjut, ternyata putra pertamanya yang berusia 5 tahun itu tipe anak visual kinestetik.


"Ternyata khaleev ini anak visual kinestetik yang cara belajar nya pun berbeda sama anak lain, dia bukan nya gak menghafal tapi dia ini mengingat. Dia bukannya tidak bisa mengeja tapi dia menangkap huruf, istilah nya (photographic memorizing). Karena buktinya, dia bisa hafal jalan, hafal merk2 mobil, bisa memahami percakapan dgn baik," tulis Zee Zee di Instagram miliknya.

Istri Prabu Revolusi tersebut mencoba menjelaskan ke sekolah mengenai kondisi anaknya. Tapi sayangnya, pihak sekolah malah menyatakan kalau Khaleev tidak berkembang dan enggak bisa melanjutkan pendidikannya di tempat tersebut.

Diliputi kekecewaan, Zee Zee tak mau tinggal diam. Dia pantang mundur mencari sekolah yang benar-benar tepat untuk anaknya. Dia memutuskan untuk lebih mempercayai nalurinya sebagai seorang ibu.

"Segera aku pindahkan Khaleev ke sekolah yg menurutku memiliki metode pengajaran yg lebih akomodatif pd anak2 seperti Khaleev. Hasilnya, tdk sampai 4 bulan, perkembangan Khaleev sgt pesat. Komentar di rapotnya "Khaleev is active, motivated, and Enthusiastic student. Has real gift for English language. Very creative and able to communicate his thoughts N ideas effectively". *tearsdrop*," lanjut Zee Zee.

[Gambas:Instagram]

Berkaca dari pengalamannya, Zee Zee berpesan agar orang tua jangan pasrah begitu saja ketika sadar telah memilih sekolah yang salah untuk anak-anaknya. Dia percaya kalau setiap anak dan hebat, termasuk anak-anak tipe visual kinestetik seperti Khaleev.

Tak ada yang salah dengan cara belajar tipe visual kinestetik. Melansir Whitbyschool, gaya belajar visual akan lebih cepat menyerap pelajaran dengan melihat. Anak-anak dengan tipe ini, biasanya akan menunjukkan ketertarikan pada buku dan aktivitas membaca.

Jadi, saat mengajari mereka di rumah, Bunda bisa memulai dengan memberinya buku bergambar. Setelah itu beralih ke buku dengan teks. Mereka akan cepat menangkap ketika melihat warna-warna cerah dan diagram yang biasanya jelas terlihat dalam sebuah video.

Sedangkan pada tipe kinestetik, anak akan menyerap informasi terbaik melalui sentuhan dan gerakan. Untuk memahami sesuatu, anak perlu menyentuh, merasakan, dan menggerakkannya. Pembelajar tipe kinestetik biasanya akan tertarik untuk membongkar barang hanya untuk mempelajari cara merakitnya kembali.

Sejak usia dini, biasanya mereka akan meraih buku-buku yang mendorong interaksi, pop-up, atau buku-buku yang memiliki tekstur untuk disentuh. Kenali tipe belajar anak-anak Bunda dari sekarang, agar dapat menemukan metode pembelajaran yang paling tepat ya!

Simak juga cerita suka duka Zee Zee Shahab jadi ibu untuk dua orang anaknya!

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi