parenting

Cara Tak Biasa April Jasmine Melatih Anak Mandiri

Radian Nyi Sukmasari Selasa, 23 Jul 2019 12:31 WIB
Cara Tak Biasa April Jasmine Melatih Anak Mandiri
Jakarta - Kemandirian memang perlu ditanamkan pada anak sejak dini. Nah, istri Ustaz SolmedApril Jasmine menerapkan cara tak biasa untuk melatih kemandirian ketiga anaknya yakni menjaga jarak.

Disampaikan April, hal itu dia lakukan supaya sang anak enggak manja. Sehingga, anak enggak mencari bundanya terus karena setiap hari selalu bersama atau diibaratkan April nempel terus.

"Jadi mereka kalau lihat aku dikit langsung nenen," kata April, dilansir InsertLive.


April juga melatih anak-anaknya untuk bisa tidur bersama para suster, sehingga setiap suster bisa memantau masing-masing anaknya. Kata April, suster anak-anaknya juga dilatih. Kira-kira mereka bisa enggak saat malam tidur bersama anak-anak dan menenangkan mereka.

Apa yang dilakukan April membuahkan hasil. Perlahan, si kecil mulai terbiasa untuk tidak bergantung pada bundanya.

"Alhamdulillah sekarang bisa, terus anak-anak udah lumayan anteng, jadi udah mulai lihatnya dari jauh maminya ngumpet dulu," tuturnya.

Melatih anak untuk mandiri sudah bisa dilakukan sejak mereka usia balita (di bawah lima tahun). Kata psikolog anak dan keluarga Anna Surti Ariani, M.Psi., Psikolog, atau akrab disapa Nina, supaya anak terbiasa mandiri, biasakan memberi mereka kesempatan untuk mencoba. Misalnya, anak dikasih kesempatan untuk mengancingkan bajunya sendiri.

Tapi, namanya baru belajar, pasti butuh waktu lebih lama. Sehingga, memang waktu yang disediakan harus lebih panjang. Kalau waktunya sempit, ya anak akan terburu-buru dan dia kesulitan menyelesaikan apa yang dilakukan.

April JasmineApril Jasmine/ Foto: (Foto: Instagram @apriljasmine85)
Jangan lupa, puji anak sat dia mampu melakukan tugas itu. Misalnya dengan memberi pujian, pelukan, dan jangan lupa, ekspresi wajah kita juga mesti menyenangkan ya.


"Jangan mukanya lempeng aja. Anak bilang dia udah bisa pakai sepatu sendiri. Terus, wajah kita datar, ngomongnya pun datar. Kalau kayak gitu, anak enggak akan merasa diapresiasi," kata Nina.

Simak juga yuk pesan April untuk sang suami dan ketiga anaknya di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(rdn/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi