parenting

Viral Ibu Warnai Sekeliling Mata Anak agar Lepas dari Gadget

Annisa Karnesyia Sabtu, 20 Jul 2019 10:01 WIB
Viral Ibu Warnai Sekeliling Mata Anak agar Lepas dari Gadget
Jakarta - Di zaman modern ini, enggak sedikit anak kecanduan main gadget. Berbagai cara dilakukan orang tua agar anaknya berhenti main gadget.

Belakangan ada video viral tentang seorang ibu yang coba menghentikan putrinya main gadget. Si ibu enggak merebut paksa atau berlaku kasar, tapi justru melakukan hal unik yang enggak terpikirkan.

Dilansir akun Instagram @ibupintar_transtv, sang ibu yang tidak diketahui identitasnya ini mewarnai sekeliling mata (bagian kelopak melingkar ke kantung mata) anaknya dengan pewarna hitam. Tidak jelas bagaimana cara si ibu melakukannya, tapi beberapa orang mengira dia melakukannya saat sang anak tertidur.


Terlihat gadis cilik yang mengenakan baju putih duduk dengan wajah bingung dan ketakutan. Ia hanya diam dan mendengarkan ucapan sang ibu seperti sedang menginterogasinya.

"Kamu makanya jangan main HP saja. Kamu tadi lama ya main HP di kamar? Kok sampai gosong gitu matanya," tanya si ibu dengan menggunakan bahasa Jawa.

Sang anak beberapa kali menjawab 'enggak tahu' dan juga berusaha membela diri. Ia tampaknya masih belum mengerti kenapa sekeliling matanya menjadi hitam.

"Stop pakai HP ya, lihat itu, kalau matanya berdarah gimana? Itu masih gosong gitu," ujar sang ibu.

[Gambas:Instagram]

Video viral ini banyak mendapat respons netizen. Beberapa dari mereka bahkan menerapkannya ke anak.

"Semalem baru saja praktikin kayak gini ke anakku umur 4 dan 8 tahun. Alhamdulillah ya berhasil mengurangi mereka lepas gadget. Hehehe pada enggak mau pegang HP," kata seorang netizen.

Kalau menurut Bunda sendiri gimana nih?

Bicara tentang mencari cara melepaskan anak dari gadget memang enggak mudah, Bun. Anak rewel dan menangis adalah respons wajar jika kita mencoba melarang.

Viral Ibu Warnai Sekeliling Mata Anak agar Lepas dari GadgetViral Ibu Warnai Sekeliling Mata Anak agar Lepas dari Gadget/ Foto: thinkstock

Sebenarnya, tanpa harus menakuti sang anak, Bunda bisa mencari cara efektif agar anak beralih dari gadget. Psikolog anak, Feka Angge Pramita mengatakan, mengajak anak bermain permainan lucu diyakini ampuh membuat anak-anak melepaskan gadgetnya.

"Cari permainan lucu seperti tepuk jempol dan tebak-tebakan," kata Feka.

Dia menambahkan, carilah permainan yang membuat interaksi orang tua dan anak, seperti tertawa bersama. Anak-anak biasanya suka hal lucu. Jadi, jika kegiatan yang ditawarkan menarik, perhatian anak akan teralih dari gadget.

Bun, simak juga ya dampak anak yang terlalu lama menonton TV di video berikut.

[Gambas:Video Haibunda]



(ank/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi