parenting

Cara Tegas Astrid Tiar Didik Kedua Anaknya Saat Bertengkar

Ratih Wulan Pinandu Jumat, 09 Aug 2019 08:01 WIB
Cara Tegas Astrid Tiar Didik Kedua Anaknya Saat Bertengkar
Jakarta - Astrid Tiar memilih untuk bertindak tegas saat melihat anak-anaknya bertengkar. Diceritakan Astrid Tiar, dua anak perempuannya berkelahi dan saling memukul nih, Bun.

Astrid mengaku geram saat melihat Anabel, anak sulungnya saling pukul dengan sang adik, Isabel. Dorong-dorongan dan tangis pun tak terhindarkan di antara keduanya.

"Geram kali mamak hari ini.. jadi ceritanya si anabel lg asik nge gambar sambil ntn tv.. selonjoran.. tiba2 si kecil lari dan loncat mendarat di kaki anabel.. (tepat di betis anabel yg bundar dan tebal itu) sengaja bgt isabel.. lalu marah lah si kakak.. dikejar lah si adik lalu di dorong.. gak trima di dorong dipukul lah punggung kakaknya.. dipukul lagi tangan adiknya..keributan pun terjadi," tulis Astrid di Instagram miliknya.


Astrid yang sedang olahraga di treadmill pun memilih untuk memberikan punishment kepada Anabel dan Isabel. Bunda 33 tahun ini memilih untuk bertindak tegas agar si anak menyadari tindakannya salah. Melalui video yang diunggah, terlihat kalau Astrid menyuruh kedua putrinya berdiri sambil mengangkat sebelah kakinya. Sedangkan, tangan mereka memegang kedua kupingnya.

Sang kakak pun mengaku jera dan mengaku kesalahannya. Berbeda dengan Isabel yang masih berusia tiga tahun, Bun, dia malah menangis saat dihukum. Namun, setelah itu Astrid mengajak keduanya bicara dari hati ke hati.

[Gambas:Instagram]

Bunda juga sering melihat anak-anak bertengkar? Hal semacam itu memang sudah umum menjadi 'makanan' sehari-hari para orang tua. Pertengkaran seperti ini bisa saja disebabkan karena permasalahan sibling rivalry.

Menurut psikolog, Aurora Lumban Toruan, persaingan atau kecemburuan antar saudara kandung bisa terbawa sampai dewasa, kalau tidak disikapi dengan bijak oleh orang tuanya. Untuk itu, orang tua perlu membentuk kebiasaan yang tegas dan disiplin di rumah.

"Termasuk juga ekspektasi dari perilaku seperti apa yang bisa diterima, juga konsekuensi dari sikap melawan atau melanggar aturan yang diterapkan yang enggak jelas," tutur Aurora.

Selain itu, Bunda dan Ayah juga menerapkan batasan yang jelas mengenai posisi kakak dan adik dalam keluarga. Jelaskan mengenai perbedaan usia serta kematangan kakak dan adik. Jadi, nantinya anak akan memahami semakin besar akan ada kepercayaan lebih yang akan diberikan pada mereka.

"Jadi bukan berarti siapapun harus sama. Waktu tidur yang kecil dan besar sama saja, juga jumlah uang saku atau kepercayaan lain yang sama saja antara anak yang lebih besar dan kecil," tegas Aurora.

Simak juga cara Shanaz Haque dan Gilang Ramadan membesarkan tiga anak perempuannya.

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi