parenting

Sindrom Williams, Penyakit Langka yang Dialami Anak Dede Sunandar

Ratih Wulan Pinandu Kamis, 08 Aug 2019 09:36 WIB
Sindrom Williams, Penyakit Langka yang Dialami Anak Dede Sunandar
Jakarta - Komedian Dede Sunandar bercerita mengenai penyakit yang dialami anak keduanya, Ladzan Syafiq Sunandar. Bayi yang lahir pada 11 Februari 2018 ini dinyatakan dokter mengalami kelainan pada jantungnya.

Disebut oleh Dede, sang anak mengalami penyakit langka yang disebut Williams Syndrome. Penyakit itu disebut-sebut menyebabkan kelainan pada jantung, ginjal, dan pembuluh darah.

"Dia punya sakit yang berbeda dari semua orang. Nama penyakitnya Williams Syndrome, jadi kayak jantung, paru-paru, lambung ada masalah. Mau enggak mau harus operasi. Ada 4 tahapan yaitu umur 1 - 3 tahun, 7 tahun, 13 tahun, 23 tahun," ungkap Dede, saat mengisi acara Okay Bos Trans 7.


Berbagai cara telah Dede dan keluarga tempuh untuk mencari kesembuhan Ladzan, yang kini berusia 1 tahun 4 bulan. Bahkan, diceritakan Dede, ada orang dari Amerika menawarkan bantuan untuk meringankan pengobatan Ladzan.

Berbagai pertimbangan membuat Dede urung untuk menerima tawaran tersebut, Bun. Salah satunya, biaya hidup nantinya ketika mereka bertolak ke Amerika. Sebagai gantinya, Dede dan sang istri, Karen Hertatum, menunggu antrean pengobatan BPJS.

Williams Syandrom, Penyakit Langka yang Dialami Anak Dede SunandarPenyakit langka anak Dede Sunandar/Foto: Instagram @dede_sunandar
"Sampai detik ini harus dicek setiap bulannya. Giginya keropos semua dan harus beli susu jantung sekotak Rp400 ribu, itu buat dua hari. Rencana, Agustus Dede pakai asuransi BPJS yang biayanya ditanggung 70 persen dan saya 30 persennya. Dede ini pasien ke-100 berapa yang jadwalnya dapat di akhir Agustus," terangnya menambahkan.

Di kesempatan yang sama, Dede berpesan agar sang istri tetap sabar dan tabah menjalani cobaan mereka saat ini. Dede berjanji akan memberikan usaha terbaik untuk keluarga mereka.

Orang tua mana yang enggak sedih ya, Bun, harus melihat anak kesakitan setiap hari. Terlebih harus menyaksikan buah hati mereka melewati operasi hingga berkali-kali untuk memerangi Williams Syndrome.

Melansir dari Web MDWilliams Syndrome adalah kelainan genetik langka yang menyebabkan berbagai gejala dan masalah belajar. Anak-anak dengan penyakit ini bisa saja mengalami masalah jantung, pembuluh darah, ginjal, dan organ lainnya.

Anak yang mengalami Williams Syndrome, memiliki fitur wajah seperti dahi lebar, tulang hidung cenderung lebih rata, mulut lebar dengan bibir penuh, dagu kecil, dan masih banyak lainnya.

Bahkan, bentuk hidung, mulut, dan fitur wajahnya akan terlihat sedikit unik, Bun. Orang yang mengalami sindrom ini akan melalui banyak pengobatan sepanjang hidupnya. Tapi tenang, Bun, dengan perawatan yang tepat, mereka tetap bisa sekolah dan tetap berprestasi.

Simak juga yuk, cerita Joana Alexandra membesarkan anak berkebutuhan khusus (ABK), dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi