sign up SIGN UP search


parenting

7 Anak Artis Alami Penyakit Langka, Kelainan Genetik hingga Sindrom Berbahaya

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Selasa, 03 May 2022 21:50 WIB
Joanna Alexandra dan anak bungsunya caption
Jakarta -

Sindrom dan penyakit langka pada anak bisa saja dideteksi sejak kehamilan. Beberapa jenis sindrom dan penyakit langka pada anak juga bisa dikenali dengan tanda-tanda tertentu.

Selain itu, beberapa di antaranya kerap menimbulkan dampak pada organ atau tumbuh kembang anak. Meski termasuk jarang, masalah kesehatan ini bisa dialami oleh siapa pun, tak terkecuali public figure, Bunda.

Beberapa artis Tanah Air dan Hollywood mulai banyak yang terbuka tentang sindrom hingga penyakit langka yang diidap anak-anaknya. Tak sedikit lho yang menjadi sosok orang tua inspiratif.


Dilansir berbagai sumber, berikut 7 anak artis yang alami sindrom dan penyakit langka:

1. Joanna Alexandra

Anak bungsu, Joanna Alexandra, mengidap penyakit genetik langka campomelic dysplasia (CMD). Penyandang CMD biasanya tidak bisa bertahan hidup saat usia neonatal karena mengalami kelainan perkembangan kerangka, sistem reproduksi, dan bagian tubuh lain. Namun, Ziona membuktikan bahwa dia mampu menunjukkan perkembangan yang positif.

Penyakit langka ini membuat organ-organ dalam Ziona tumbuh berbeda dan lebih lambat dari anak pada umumnya. Selain CMD, Ziona juga mengalami Congenital Talipes Equinovarus (CTEV) atau clubfoot, yakni kondisi bawaan lahir di mana kaki bayi menekuk ke arah dalam.

Ziona lahir pada 24 Mei 2017. Sejak didiagnosis mengidap penyakit langka, Joanna setia mendampingi buah hatinya menjalani pengobatan dan terapi. Ia pun tak mau menutupi penyakit buah hatinya ini, Bunda.

"Aku orang terbuka, kalau ada acara ke sekolah aku bawa. Jadi aku enggak umpetin, atau merasa aib atau anak ini cacat. Aku selalu bawa Zio ke mana pun aku bisa selama Zio sehat, dan aku cerita sama teman-teman aku, sama ibu-ibu di sekolah juga suka cerita," kata Joanna kepada HaiBunda, beberapa waktu lalu.

2. Wulan Guritno

Putra Wulan Guritno, Jeremiah Alric Dimitri atau Jeremy, pernah didiagnosis mengidap penyakit sindrom nefrotik. Pada tahun 2015 lalu, Wulan mengungkapkan anaknya itu tengah menjalani terapi dan pengobatan untuk kesembuhannya.

Menurut ibu tiga anak ini, penyakit ini menyerang ginjal Jeremy dan membuat tubuhnya sempat bengkak. Ia menduga hal tersebut terjadi karena kotoran di dalam tubuhnya tidak bisa dibuang secara sempurna.

Jeremy menjalani terapi steroid untuk pengobatannya, Bunda. Kondisi anak bungsu Wulan Guritno ini pun semakin membaik dan telah dinyatakan sembuh.

Baca halaman berikutnya ya, Bunda.

Simak juga alasan Joanna Alexandra terbuka soal penyakit langka yang diidap anaknya, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

ANAK OKI SETIANA DEWI IDAP PRADER WILLI SYNDROME
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!