parenting

4 Cara Membuat Anak Mau Tidur Siang

Muhayati Faridatun Jumat, 16 Aug 2019 13:00 WIB
4 Cara Membuat Anak Mau Tidur Siang
Jakarta - Si kecil susah tidur siang, Bun? Hmm, bagaimana ya cara membuat anak mau tidur siang setiap hari?

Selepas ASI eksklusif dua tahun, anak Bubun juga jadi jarang tidur siang. Meski perutnya sudah kenyang, tapi dia lebih memilih main. Bubun jadi khawatir kalau si kecil kurang istirahat.

"Seiring pertambahan usia, anak memang akan sulit tidur siang. Tapi, lebih dari 50 persen anak usia empat tahun masih perlu tidur siang," ungkap dokter anak Judith A. Owens, M.D., MPH, dilansir Baby Center.


Mengutip Mother Nature Network, dalam tumbuh kembang anak, saat bayi, usia balita, dan prasekolah, masih butuh tidur di siang hari. Ditegaskan, tidur yang cukup penting untuk perkembangan dan pertumbuhan si kecil, baik fisik maupun mental.

Acuan sederhananya, bayi sampai usia 5 bulan biasanya tidur siang tiga kali sehari. Usia antara 6 - 18 bulan biasanya dua kali tidur siang. Rentang usia 18 bulan hingga dua tahun akan tidur siang sekali sehari.

Sedangkan antara usia 2 sampai 4 tahun, anak-anak akan berhenti tidur siang sama sekali. Nah, berarti wajar ya, selepas ASI eksklusif dua tahun, anak Bubun kadang enggak mau tidur siang.

4 Cara Membuat Anak Mau Tidur SiangIlustrasi anak tidur siang/ Foto: iStock
Bagi Bunda yang khawatir si kecil kurang waktu istirahat, berikut cara membuat anak mau tidur siang:

1. Jadikan rutinitas

Kalau selalu tidur siang pada waktu yang sama, setelah makan siang atau sehabis Bunda membacakan buku cerita, anak akan menemukan kenyamanan dalam rutinitasnya.

2. Beri stimulasi dan ketenangan

Tepat setelah bangun di pagi hari, ajak si kecil ke luar rumah untuk memberi stimulasi seperti berlari kecil di halaman, atau berjalan-jalan sebentar di sekitar rumah. Sebelum tidur siang, beri si kecil minuman hangat atau dengarkan nyanyian lembut, dan hindari menonton televisi.


3. Jangan tunggu anak lelah

Bunda harus mengamati tanda-tanda si kecil mengantuk dan siap tidur seperti menguap, menggosok mata, atau aktivitasnya menurun. Tapi, jangan sampai dia terlanjur lelah karena akan lebih sulit untuk tidur siang.

4. Tidur malam lebih awal

Disarankan dr.Marc Weissbluth, atur jam tidur anak lebih awal di malam hari, sehingga dia akan butuh istirahat di siang hari. Menurutnya, memastikan anak cukup tidur juga bisa menurunkan tingkat stres orang tua.

"Tidak tidur siang mungkin tidak akan membahayakan. Tapi, jika ini menjadi kebiasaan, anak Anda jadi semakin sulit ditangani dalam keadaan terlalu lelah," terang penulis buku Healthy Sleep Habits, Happy Child ini.

Nah, selamat mencoba ya, Bunda. Semoga berhasil membuat si kecilĀ tidur siang teratur.

Simak juga nih, tips mencegah anak alami obesitas, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(muf/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi