parenting

Obat Kuat agar Si Kecil Tak Mudah Sakit

Dwi Indah Nurcahyani Kamis, 15 Aug 2019 18:00 WIB
Obat Kuat agar Si Kecil Tak Mudah Sakit
Jakarta - Cuaca panas harus diwaspadai, Bun, karena rentan menyerang kesehatan buah hati. Serangan penyakit jadi mudah mengintai, sehingga dibutuhkan berbagai obat kuat sebagai penangkalnya.

Selain memberikan obat kuat, menerapkan pola hidup sehat tentu saja menjadi hal utama ya, Bun. Melansir Mind Body Green, untuk meningkatkan imunitas tubuh dan membantu anak-anak menjaga kesehatan dapat dilakukan lebih awal dengan diet yang baik.

Penting banget, Bunda, menyajikan makanan sehat setiap harinya. Untuk menjaga anak-anak tetap sehat, batasi seluruh asupan aditif, gula, dan cari tahu makanan mana aja yang merupakan alergen. Kemudian, fokus menyuguhkan sayuran segar, buah-buahan, kacangan-kacangan, biji-bijian, telur, dan daging.


Oh iya, Bunda juga perlu lho menjaga kesehatan mental anak dengan membantu menenangkan stres dan kecemasan yang menyerang anak-anak.

Hindari memberi beban mereka dengan berbagai tekanan. Sebab, penting bagi anak-anak memiliki banyak waktu santai, waktu untuk bermain kreatif dan tentu saja istirahat. Tubuh yang sibuk perlu sekali istirahat sesekali agar sistem kekebalan tubuh mereka berkembang. Serta, pastikan selalu anak-anak memiliki waktu tidur yang cukup, dan menjauhkan semua perangkat elektronik dimana dapat mempengaruhi kualitas tidur.

Obat Kuat agar Si Kecil Nggak Mudah SakitObat kuat agar anak enggak mudah sakit/Foto: iStock
Sebagai obat kuat lainnya yang dapat membantu anak sehat dan terhindar berbagai penyakit, Bunda dapat menambahkan asupan vitamin pada anak-anak.

"Vitamin C merupakan salah satu pendorong sistem kekebalan tubuh terbesar. Kekurangan vitamin C dapat membuat anak-anak lebih rentan sakit," ujar Julia Zumpano, RD, LD, seorang ahli diet, dikutip dari Clevend Clinic.

Pemenuhan vitamin C dapat diberikan melalui makanan yang kaya vitamin C seperti jeruk, stroberi, paprika, bayam, kangkung, dan brokoli.

Vitamin lainnya yang sangat penting dipenuhi juga asupannya yakni vitamin B6 yang mendukung reaksi biokimia dalam sistem kekebalan tubuh. Penuhi asupan vitamin B6 melalui makanan seperti ayam, ikan salmon dan tuna serta kacang polong.

Kemudian, penuhi juga asupan vitamin E yang menjadi antioksidan kuat dimana membantu tubuh melawan infeksi. Bunda dapat memenuhinya dengan pemenuhan makanan yang kaya vitamin E termasuk kacang-kacangan, biji-bijian, dan bayam.

Selamat mencoba, Bun.

Simak juga cara mencuci peralatan makan yang benar, untuk mencegah anak mudah sakit, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi