sign up SIGN UP search


parenting

Tidur Siang Bisa Tingkatkan Kemampuan Belajar Anak? Ini Kata Peneliti

Annisa Karnesyia Sabtu, 09 Jan 2021 12:51 WIB
Anak tidur Tidur Siang Bisa Tingkatkan Kemampuan Belajar Anak? Ini Kata Peneliti/ Foto: iStock
Jakarta -

Membiasakan anakĀ tidur siang ternyata memberikan manfaat lho, Bunda. Tidur siang bisa meningkatkan kemampuan anak belajar di sekolah.

Studi terbaru di jurnal Child Development, menemukan bahwa anak-anak prasekolah yang tidur siang dapat belajar dan mengingat lebih baik daripada anak yang tidak tidur siang. Para peneliti di University of Arizona mempelajari kemampuan 39 anak usia 3 tahun untuk memahami dan menerapkan keterampilan bahasa dengan mengajarkan kata kerja pada anak-anak.

Peneliti studi, Michelle Sandavol, menggambarkan pentingnya penggunaan kata kerja selama penelitian. Nah, kata kerja ini lalu dibandingkan dengan kata benda.


"Objek individu memiliki batasan yang jelas dan anak-anak belajar mengenai hal ini di awal perkembangan, sebelum mereka mencapai ulang tahun pertama. Anak-anak tahu banyak tentang objek," kata Sandavol, dilansir Study Finds.

Setiap anak-anak dalam penelitian diajari dua kata kerja palsu. Lalu mereka ditunjukkan karakter animasi yang melakukan dua gerakan tubuh terpisah di layar komputer.

Beberapa kelompok anak diminta untuk tidur siang dalam waktu 1 jam setelah mempelajari kata kerja. Sementara yang lain menunggu setidaknya 5 jam.

Nah, 24 jam kemudian, anak-anak diberikan satu set karakter baru yang melakukan gerakan sama seperti animasi sebelumnya. Para peneliti menemukan bahwa anak-anak yang tidur siang mengidentifikasi kata kerja lebih baik daripada mereka yang tidak.

Selain itu, peneliti juga memperhatikanĀ kemampuan anak dalam menggeneralisasikan kata kerja. Sandavol mengatakan bahwa untuk memahami suatu kata kerja, seseorang harus dapat mengidentifikasinya dalam berbagai konteks.

"Kami tertarik pada generalisasi karena itulah target pembelajaran kata. Anda harus bisa menggeneralisasi kata agar bisa menggunakannya secara produktif di bahasa," ujar Sandavol.

"Terlepas dari perilaku tidur yang khas, anak-anak yang tidur siang setelah belajar bisa menggeneralisasi kata. Sementara yang tidak tidur, tidak bisa melakukannya dalam 24 jam kemudian," sambungnya.

Masalahnya, mengajakĀ anak tidur siang tidak selalu mudah, Bunda. Lalu bagaimana jika anak prasekolah tidak lagi suka tidur siang? Apa bisa berpengaruh terhadap kemampuan belajarnya?

BACA HALAMAN BERIKUTNYA, Bunda.

Simak juga cara jitu mengatasi anak susah tidur, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

Artis penyintas COVID-19
(ank/rap)
Anak Tidak Suka Tidur Siang
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi