parenting

Perut Anak Kembung, Mytha Lestari Pilih Pakai Obat Tradisional

Asri Ediyati Kamis, 29 Aug 2019 15:31 WIB
Perut Anak Kembung, Mytha Lestari Pilih Pakai Obat Tradisional
Jakarta - Kita percaya bahwa tubuh diciptakan sedemikian canggih untuk melawan kuman yang masuk. Hal yang sama diyakini penyanyi Mytha Lestari. Baru-baru ini putranya, Mahatma Kala Maheswara atau kerap dipanggil Kala, alami perut kembung dan muntah.

Menurut Mytha, penyebabnya adalah akumulasi kelelahan si kecil. Beberapa waktu lalu, Kala dibawa ke beberapa acara hingga diajak ke Bandung. Selain itu, Kala adalah tipe anak yang mau makan apa saja bila disodori ke mulutnya.

"Kayaknya udah akumulasi sih, kan kemarin adikku lamaran, sebelumnya om-nya yang lamaran, terus sebelumnya lagi kita ajak ke Bandung. Jadi akumulasi sih, makannya kan juga suka telat kan dia. Dia tuh buka mulut untuk segala macam makanan jadi eyangnya, apalagi mertuaku terus sama Papanya, ada beberapa adik iparku tuh kayak sembarangan kasih makan, jadi aku enggak tahu sih sebenarnya apa yang menjadi trigger-nya," kata Mytha Lestari kepada HaiBunda.

Mytha bilang, karena akumulasi maka Kala alami muntah sebanyak dua kali. Akan tetapi, meski Kala muntah, Mytha berusah tidak panik. Dikatakan Mytha, ia langsung membersihkan muntahnya dan segera meramu obat tradisional.


Meskipun terbilang jadul, menurut Mytha pengobatan orang dulu yang sudah mulai ditinggalkan orang modern ini manjur untuk anaknya. Sekalipun Mytha adalah orang tua milenial. Ada beberapa pengobatan tradisional yang ia yakini, salah satunya bawang merah dicampur minyak telon.

"Bawang dan minyak telon itu masih salah satunya, karena aku percaya banyak sekali pengobatan tradisional. Menurut aku pengobatan tradisional tuh adalah pengobatan yang paling manjur tanpa bahaya, kayak misalnya nih dia masuk angin, atau perutnya lagi keganggu, " ujar Mytha.

Diakui Mytha, ia sebenarnya sudah punya obat yang diresepkan sama dokter. Tak buru-buru, ia mencoba untuk meracik obat tradisional yang diturunkan dari neneknya.
Mytha Lestari dan putranya, Kala/ Mytha Lestari dan putranya, Kala/ Foto: Instagram @mytha_lestari

"Kemarin sampai hampir mau beli (obat), Papanya tuh yang panik, tapi saat Kala muntah pun, aku cuma diam aja. Oke, muntah terus, aku pencet-pencet lehernya kayak orang dewasa aja lah ya. Sudah beres, langsung aku bawa ke kamar mandi, bersihkan, suruh ganti susternya, lalu aku ke bawah potong bawang merah," kata istri Barry Maheswara ini.

Resep itu turun temurun dari sang nenek yang berasal dari Jawa. "Memang Jawa banget, kan aku ada dua eyang, satu dari Jawa, satu lagi dari Ternate. Jadi mereka berdua punya resep yang berbeda. Nah yang ini, kita percaya dari Jawa," sambung Mytha.

Mytha percaya dengan kemanjuran obat itu karena sang ibunda berhasil menyembuhkan Kala dari perut kembung. Resepnya mudah, Bun, bawang merah diiris, kemudian dicampur dengan minyak telon. Lalu, balurkan minyak beserta bawang ke perut dan punggung anak.

"Mamaku, pada saat Kala dibawa ke Bogor, perutnya kembung, enggak bisa tidur uring-uringan. Perutnya kencang banget, kesakitan, Mamaku langsung ambil bawang, minyak telon. Jadi kayak acar, sama bawang-bawangnya langsung dioles aja. Di depan sama belakang, yang paling penting lagi itu baca salawatnya kata Mamaku. Karena kan aku muslim," tutur Mytha Lestari.

Mytha juga menyebutkan ada resep lainnya yang memakai daun jarak. Namun, hingga kini ia belum percaya. Bagi Mytha, sebagai orang tua milenial, ia harus mencari kebenarannya.

"Biasa kalau orang tua milenial tuh enggak 100 persen dengarkan orang tuanya. Kalau orang tua aku kan langsung dengarkan nenek aku. Ada banyak mitos, sebagai anak milenial kan kita harus cari tahu. Kalau untuk yang bawang, entah kenapa selalu berhasil di Kala, pertama kali perut kembung, muntah, alhamdulillah setelahnya dia biasa tidur nyenyak," ujarnya.

Selain bawang merah, menurut dr. M. Tatang Puspanjono, SpA, dokter spesialis anak dari RS Siloam mengatakan untuk mengatasi kembung pada bayi juga bisa dilakukan pemijatan. "Pijat bayi juga bisa mencegah bayi mengalami kembung. Ini sebagai salah satu efek dari rileks yang ia rasakan," ucap dr Tatang dikutip dari detikcom.

Selain itu, menurut dr Tatang pemberian pijat bayi juga akan membuat bayi lebih relaks. Lakukan pijat bayi lebih kurang selama 15 menit sebelum ia tidur, bisa dipastikan bayi akan tidur lebih lelap dan lebih lama. Jika bayi bisa tidur lelap, maka perkembangan dan pertumbuhannya juga akan semakin baik.

Simak juga video pijat bayi yang bisa kurangi masalah pencernaan.

[Gambas:Video Haibunda]

(aci/som)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi