sign up SIGN UP search


parenting

Yuk, Ajari Anak Nilai dan Niat Puasa Asyura

Muhayati Faridatun   |   Haibunda Minggu, 08 Sep 2019 17:08 WIB
Pelaksanaan puasa asyura
Puasa tasu'a dan puasa asyura di bulan Muharram ini bertepatan pada 9 dan 10 September besok, Bun. caption
Melansir dari tayangan channel YouTube Yufid TV, disebutkan Ibnul Qoyim dalam Kitab Zadul Ma'ad (2/76) dan diikuti Al-Hafidz dalam Fathul Bari (4/246), pelaksanaan puasa asyura di bulan Muharram ada tiga tingkatan:

1. Tingkatan pertama, melakukan puasa tiga hari yakni tanggal 9 (tasu'a), tanggal 10 (asyura), dan tanggal 11.

Dalil: hadits dari Ibnu Abbas RA secara marfu' yakni lakukan puasa asyura dan jangan sama dengan Yahudi. Karena itu, lakukanlah puasa sehari sebelumnya dan sehari setelahnya. (HR. Ahmad dan Baihaqi)


2. Tingkatan kedua, puasa dua hari yakni tanggal 9 dan 10 Muharram.

Dalil: hadits dari Ibnu Abbas RA. Rasulullah bersabda yang artinya, "Jika Muharram tahun depan saya masih hidup, saya akan puasa tanggal 9." (HR. Ahmad, Muslim dan lainnya)

3. Tingkatan ketiga, puasa tanggal 10 Muharram saja.

Dijelaskan, Rasulullah memberikan janji khusus yaitu kaffarah dosa setahun yang telah lewat. Dari Abu Qatadah RA mengatakan, "Nabi Muhammad SAW ditanya mengenai keistimewaan puasa asyura."

Beliau menjawab, "Puasa asyura akan menghapus dosa setahun yang lalu." (HR. Muslim)


Sementara itu, dipaparkan juga tentang puasa 11 Muharram. Beberapa ulama tidak sepakat dengan pembagian yang disebutkan Ibnul Qoyim dan Ibnu Hajar. Sedangkan untuk tingkatan kedua dan ketiga, mereka sepakat karena berdasarkan hadits shahih atau benar.

Untuk tingkatan pertama yakni puasa selama tiga hari, dimana ada anjuran khusus puasa 11 Muharram, ulama berbeda pendapat karena diragukan kebenaran hadits-nya.

Untuk niat puasa tasu'a dan puasa asyura, cek halaman berikutnya ya.
Niat puasa asyura
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!