sign up SIGN UP search


parenting

Mengharukan, Viral Ibu Jadi 'Mata' Anaknya yang Buta Nonton Bola

Yuni Ayu Amida   |   Haibunda Kamis, 26 Sep 2019 06:00 WIB
Kisahnya viral, sang ibu dan putranya pun berkesempatan ketemu langsung dengan bintang sepak bola Brasil, Neymar. caption
Jakarta - Seorang ibu di Brasil melakukan hal mengharukan, saat menemani anaknya menyaksikan langsung laga sepak bola di stadion. Ia menceritakan jalannya pertandingan pada putranya yang tuna netra dan mengidap autisme.

Ibu bernama Silvia Grecco ini tertangkap kamera saat tengah menyampaikan setiap gerakan pemain pada putranya, Nickollas, yang berusia 12 tahun. Mereka juga tampak kompak mengenakan kaus tim favoritnya, Palmeiras.

"Saya jelaskan detailnya, pemain ini mengenakan lengan pendek, warna sepatu bola, warna rambut," terang Grecco, dilansir Women Working.


"Narasi saya adalah sesuatu dari emosi saya. Saya bukan seorang profesional. Semua yang saya lihat dan rasakan, saya katakan padanya, bahkan ketika saya mengutuk wasit," lanjut wanita 56 tahun ini.

Nickollas memang beda dari anak lain. Ia tidak bisa melihat dan juga mengidap sindrom autisme. Meski demikian, dia tampak sangat antusias ketika sang ibu menceritakan setiap detail pertandingan yang mereka saksikan.

Berkat momen yang tertangkap kamera ini, Grecco dan putranya berkesempatan tampil di berbagai TV Brasil. Bahkan mengunjungi sesi pelatihan Palmeiras.

Mengharukan, Viral Ibu Jadi 'Mata' Anaknya yang Buta Nonton BolaFoto: istimewa


Pada kesempatan terpisah, Nickollas mendapat kejutan bertemu dengan bintang sepak bola Brasil, Neymar. Neymar pun sempat menggendong Nickollas di pundaknya, yang membuat bocah itu sangat bahagia.

Sejatinya, merawat anak autis apalagi juga mengalami tunanetra pasti enggak mudah, Bun. Dikatakan psikolog Muhammad Arifin, MP.si, komponen sukses merawat anak autis pertama adalah kemauan dari anak itu sendiri.

"Kedua, orang tua dan lingkungan yang harus mengajarkan hal-hal kecil seperti membuang sampah, mandi, menggunakan alas kaki saat bermain, dan lain-lain," terang Arifin, dilansir detikcom.

Arifin juga berpesan pada orang tua agar tidak malu dengan kondisi anaknya. Begitu pun dengan mental orang tua juga mesti kuat. Mental kuat ini penting karena beberapa orang terlalu sensitif, sehingga mudah sedih dan marah saat lingkungan kerap bertanya-tanya tentang kondisi anaknya yang autis.

Orang tua pun mesti sabar menghadapi anaknya yang autis, Bun. Terlepas dari keadaan sang anak, dia sangat membutuhkan dukungan dan kasih sayang orang tuanya agar percaya diri menghadapi dunia.

Simak pula cerita Dian Sastro soal anaknya yang autis ini, Bun.

[Gambas:Video 20detik]

(yun/muf)
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!