parenting

4 Nilai Moral dari Petualangan Seru 'Yeti' di Film Abominable

Annisa Karnesyia Senin, 30 Sep 2019 11:26 WIB
4 Nilai Moral dari Petualangan Seru 'Yeti' di Film Abominable
Jakarta - Berpetualang ke gunung tertinggi di dunia, Puncak Everest di Pegunungan Himalaya bukan sekadar cerita. Bunda bisa ajak si kecil berpetualang langsung melalui film Abominable.

Film animasi yang diproduksi DreamWorks Animation dan Pearl Studio ini akan segera rilis tanggal 4 Oktober 2019 mendatang. Mengambil setting di Cina, film ini mengisahkan petualangan Yi, Peng, dan Jin bersama makhluk legenda Yeti.

Kisah bermula saat Yi menemukan Yeti yang diberi nama Everest di atap gedung apartemennya. Yi tahu jika Everest diculik pria jahat bernama Burnish untuk ditunjukkan ke dunia jika makhluk legenda Yeti masih hidup.


Singkat cerita, untuk menyelamatkan Everest, Yi bersama kedua temannya, Peng dan Ji memutuskan untuk membawa pulang Yeti itu ke Puncak Everest. Ketiganya berpetualang dan mengalami banyak keajaiban dalam perjalanan. Namun, di saat bersamaan mereka juga harus lari dari kejaran Burnish dan anak buahnya.

Selain berpetualang, film berdurasi 97 menit ini menyuguhkan adegan yang mengocok perut sekaligus menyentuh. Ada 4 nilai positif dari film Abominable yang bisa Bunda ajarkan pada si kecil.

1. Saling menolong

Di film, petualangan ke Pegunungan Himalaya dimulai karena tekad Yi untuk menolong Everest. Saat Burnish coba mencelakai Yi dan kedua temannya, gantian Everest yang menolong mereka.

Bicara tentang sikap saling menolong, melansir dari American Psychological Association, studi menemukan anak-anak di usia dini sudah menujukkan rasa empati. Mereka bereaksi saat melihat rasa tidak bahagia, sehingga prihatin dan ingin membantu memperbaiki masalah.

Cara penting mengajarkan si kecil suka menolong yaitu dengan mencontohkan. Orang tua menunjukkan kebaikan pada orang lain dan kebaikan pada si anak.

Film AbominableFilm Abominable/ Foto: IMDB

2. Berani melawan kejahatan dan ambil risiko

Ketika Burnish mencoba berbuat jahat, Yi bersama teman-temannya berani melawan, Bunda. Akan ada banyak nilai keberanian di film ini yang baik untuk membentuk karakter anak.

Penulis When Mommy Has Our Baby, Rachel Cedar, MSW mengatakan jika sebagai orang tua kita tidak boleh ragu saat anak mencoba mengambil risiko. Jika tidak didukung, anak bisa takut, selalu khawatir dan berpikir dirinya lemah.

"Bila dia mencoba sesuatu yang baru, biarkan dan jangan dipaksakan. Tapi juga tidak boleh mengajari anak untuk menyerah," kata Cedar, melansir dari Scary Mommy.

3. Jangan mudah menyerah

Yi digambarkan sebagai sosok anak perempuan berani. Namun, ia punya mimpi yang tidak berani diperjuangkan. Setelah bertemu Everest, Yi kembali mengejar mimpinya dan tidak menyerah.

Psikolog pendidikan dan penulis buku The Big Book of Parenting Solutions, Michele Borba mengatakan, anak-anak yang tidak mudah menyerah akan mendapatkan keterampilan untuk bertahan hidup. Di dunia yang kompetitif ini, anak tidak boleh menyerah.

"Jika orang tua membiarkan anaknya menyerah dengan cepat, ia tidak akan pernah memiliki kesempatan untuk sukses," kata Borba, dikutip dari Today.

Film AbominableFilm Abominable/ Foto: IMDB

4. Persahabatan

Yi dan Jin adalah teman sejak kecil. Namun, karena terjadi sesuatu dalam hidup Yi, hubungan keduanya merenggang. Kehadiran Everest, membuat Yi belajar arti persahabatan dan kembali berteman baik dengan Jin.

Kata Borda, persahabatan dibutuhkan dalam hidup kita. Teman memang bisa bikin kita nyaman di lingkungan baru.

"Teman bisa membuat anak nyaman dengan lingkungan baru. Mereka bisa fokus dengan tugas belajarnya ketimbang dengan siapa mereka bermain," ujar Borda mengutip Parents.

Menarik kan, Bun? Biar enggak penasaran, Bunda bisa ajak si kecil untuk menyaksikan film Abominable ini pada 4 Oktober 2019 ya.

Bunda, simak juga deretan film animasi yang enggak kalah menarik di video berikut:

[Gambas:Video 20detik]

(ank/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi