parenting

Tragis! Viral Bocah Kembar Tewas Kepanasan di Mobil

Yuni Ayu Amida Rabu, 02 Oct 2019 17:00 WIB
Tragis! Viral Bocah Kembar Tewas Kepanasan di Mobil
Jakarta - Nasib tragis menimpa bocah kembar perempuan berusia tiga tahun di Hinesville, Georgia, Amerika Serikat (AS). Mereka tewas di dalam mobil akibat kepanasan.

Melansir dari NBC News, bocah kembar bernama Raelynn dan Payton Keyes itu ditemukan di dalam mobil yang ada di halaman belakang rumah yang sedang mereka kunjungi, di kota Hinesville.

Sampai saat ini, belum jelas bagaimana dua bocah kembar tersebut bisa masuk ke dalam mobil. Namun penyebab kematiannya diduga karena suhu di Hinesville pada hari itu cukup terik, yakni sampai 32 derajat Celcius, sehingga anak-anak ini kepanasan di dalam mobil.


Sementara itu, melansir dari WSAV, pihak berwenang mengatakan bahwa dua bocah kembar tersebut tinggal bersama orang tua angkat dan dua saudara kandung mereka yang lain.

Tragis! Viral Bocah Kembar Tewas Kepanasan di MobilFoto: iStock


Orang tua angkat kedua bocah kembar ini sebelumnya menerangkan, di pagi hari saat kejadian, dia tidak menemukan kedua anak kembar tersebut di dalam rumah. Kemudian, dia menggeledah halaman belakang dan daerah sekitar lingkungan, sebelum kembali ke rumah untuk mencari lagi.

"Selama pencarian kedua inilah anak-anak ditemukan tidak responsif di dalam kendaraan yang diparkir di halaman belakang rumah," kata penyidik.

"Ini sebenarnya bukan rumah pengasuh atau anak-anak, ini adalah tempat mereka datang dari waktu ke waktu dan memang tinggal untuk waktu yang lama. Dan mereka sedang berkunjung ke sini ketika tragedi malang ini terjadi," tambah penyidik.

Spesialis pediatri di Brightpoint Royal Women's Hospital dr.Marwa Abdelfattah mengatakan, orang tua mesti tahu bahaya medis saat anak tidak diawasi ketika berada dalam mobil. Termasuk seberapa cepat kondisi tersebut bisa mematikan bagi si anak.

"Seorang anak yang terperangkap dalam mobil panas dapat mengalami dehidrasi, syok, dan sengatan panas. Heatstroke dapat terjadi dalam beberapa menit di dalam mobil karena suhu naik sangat cepat," kata Marwa, dilansir The National UAE.

Senada dengan Marwa, dr.Maya Madam, dokter anak di rumah sakit Lifeline di Abu Dhabi, menuturkan, anak-anak tanpa memandang usia, tidak dapat mengatur suhu tubuh seperti orang dewasa. Tubuh anak mulai mati rasa ketika terkena suhu yang sangat tinggi.

"Karena panas, anak dapat kehilangan kesadaran dan terkadang menjadi sangat gelisah dan bingung. Mereka akan dilanda kepanikan," papar Madam.

Kata Madam, akan ada risiko bahkan ketika anak hanya berada satu menit dalam mobil. Ini artinya, tidak ada waktu aman saat orang tua meninggalkan anaknya sendirian dalam mobil, meski dalam waktu singkat. Itu sebabnya, Madam menyarankan, orang tua untuk selalu cek kursi belakang, sebelum mengunci mobil.

[Gambas:Video 20detik]



(yun/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi