parenting

8 Jenis Mainan untuk Bayi 0 - 2 Bulan, Si Kecil Sudah Punya?

Annisa Karnesyia Jumat, 11 Oct 2019 20:16 WIB
8 Jenis Mainan untuk Bayi 0 - 2 Bulan, Si Kecil Sudah Punya?
Jakarta - Bermain menjadi waktu menyenangkan untuk anak-anak. Tidak terkecuali pada bayi yang baru lahir, Bun. Makanya, Bunda perlu lho menyediakan mainan untuk bayi, misalnya mainan untuk bayi usia 0 - 2 bulan.

Selain membuat anak senang, bermain dengan si kecil bisa membantu meningkatkan kemampuannya. Kata psikolog dari Tiga Generasi @ Brawijaya Clinic, Saskhya Aulia Prima, bermain bagus untuk perkembangan otak anak. Melalui bermain, terutama dengan bantuan alat permainan, kita bisa membantu anak meregulasikan emosinya.

"Bermain berdampak pada otak. Korteks prefrontal atau pusat kendali otak menjadi lebih besar dan lebih cepat. Tahap ini akan mempersiapkan otak muda untuk kehidupan, afeksi, dan bahkan pekerjaan sekolah," ujar Saskhya.


Sedini mungkin, Bunda bisa mulai kenalkan mainan ke anak, misalnya di usia 0 sampai 2 bulan. Mengutip Mom Junction, di usia 0 - 1 bulan, bayi sudah mulai ekspresif dan merespons jika melihat ibu atau anggota keluarga yang lain.

Sedangkan, di usia 2 bulan, bayi sudah mampu mengenali wajah, tersenyum, dan menunjukkan refleks motorik. Si kecil juga mulai senang menjelajahi benda-benda di sekitarnya dan memasukkan ke mulutnya.

Untuk itu di usia 1 sampai 2 bulan, Bunda harus hati-hati memilih mainan untuk si kecil. Nah, berikut telah HaiBunda rangkum, jenis-jenis mainan yang cocok dimainkan bayi usia 0 - 2 bulan.

Usia 0 - 1 Bulan

1. Mainan yang menggantung di atas tempat tidur bayi (crib toys)

Anak usia 0 - 1 bulan banyak menghabiskan waktu di tempat tidur bayi. Mainan yang digantungkan di atas tempat tidur baik untuk perkembangan visual. Lebih baik lagi jika Bunda menambahkan suara musik.

2. Mainan boneka tangan

Bayi senang menggerakkan tangan dan kakinya ke atas saat tidur. Bunda bisa pasangkan mainan sarung tangan boneka di tangan dan kaki si kecil. Saat tangan dan kaki bayi terangkat, dia bisa terhibur.

3. Teethers

Teethers yang lunak aman untuk menjadi mainan bayi usia 0 - 1 bulan. Cobalah berikan teethers yang berwarna-warni karena di usia 0 - 1 bulan, bayi senang dengan warna. Teethers juga baik untuk perkembangan sensorik dan motorik.

4. Mainan musik

Berilah si kecil mainan yang mengeluarkan musik dan aman jika dipegang anak. Mainan musik membantu mengembangkan pendengaran bayi.

Ilutrasi mainan anakIlutrasi mainan anak/ Foto: Thinkstock

Usia 2 Bulan

5. Maracas music toy dan mainan kecrek khusus bayi

Mainan ini baik untuk perkembangan auditori bayi serta sensorik. Selain itu, anak akan belajar untuk menggenggam objek. Carilah mainan musik yang berbahan lembut sehingga aman jika masuk ke mulut anak.

Mainan kecrekan bisa sebagai pembelajaran sebab dan akibat. Bayi seperti mendapatkan kendali atas tindakan mereka dan menerima respons yang mereka sukai.

6. Buku dengan desain mencolok

Bunda bisa memberikan buku berbahan lembut dengan desain mencolok yang mudah menarik perhatian bayi. Tunjukkan saat Bunda membalik halaman buku dan baca cerita dengan suara yang sedikit keras.

7. Bola berbahan lembut yang berwarna

Bayi mungkin belum mengerti tentang warna, namun bisa melihat benda dengan desain yang kontrasnya tinggi seperi warna hitam dan putih. Memberi mainan jenis ini bisa memberikan stimulus pengenalan warna.

8. Mainan portable

Mainan portable bisa menciptakan area bermain bayi di mana pun. Mainan jenis ini bisa dalam bentuk crib toys, kaca plastik, atau mainan plastik yang mudah di bawa ke mana pun.

Simak juga panduan memilih mainan sesuai dengan usia anak di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi