parenting

2 Teknik Pijat untuk Bantu Bayi Atasi Sembelit

Siti Hafadzoh Senin, 14 Oct 2019 20:32 WIB
2 Teknik Pijat untuk Bantu Bayi Atasi Sembelit
Jakarta - Melihat bayi susah buang air besar (BAB) atau sembelit, memunculkan kekhawatiran tersendiri untuk orang tua. Apalagi jika terjadi lebih dari seminggu, wah sudah pasti berbagai cara dicoba biar si kecil cepat BAB.

Memijat perut bayi menjadi salah satu cara agar bayi lancar buang air besar. Tapi, tidak sembarangan memijat. Ada teknik khususnya. Hal ini bisa Bunda lakukan sendiri di rumah kok. Tekniknya dinamakan teknik I Love You, Bun.

"Sebenarnya ini adalah teknik dimana kita mencoba memperlancar aliran kotoran yang ada di saluran cerna bayi," kata dr Boy Abidin di tayangan Dr Oz Indonesia.


Cara memijatnya mudah, gunakan dua jari, dengan menekan perut bayi secara perlahan ke arah atas. Kemudian, pijat dengan pola huruf L, dan terakhir dengan pola huruf U. Supaya lebih nyaman, Bunda juga bisa gunakan minyak yang ada kandungan penghangatnya, seperti minyak telon.

Selain teknik I Love You tadi, Bunda bisa menggerakkan kaki bayi dengan gerakan seperti sedang mengayuh sepeda. Tujuannya supaya pencernaan lebih lancar dan mudah buang air besar.

Selain melakukan pijat, Boy juga menyarankan untuk memberi lebih banyak cairan kepada bayi. Bayi membutuhkan cairan dari ASI untuk memperlancar buang air besar.

2 Teknik Pijat untuk Bantu Bayi Atasi SembelitIlustrasi pijat bayi/ Foto: iStock

Namun ingat, Bun, ketika ingin melakukan pijat bayi, ada beberapa hal yang perlu Bunda perhatikan nih. Dikutip dari Baby Centre berikut panduan yang sebaiknya phami dan ikuti.

1. Cari waktu yang tepat. Jangan memijat bayi ketika dia akan makan atau baru selesai makan, atau ketika ia butuh tidur siang.

2. Jangan gunakan perhiasan apapun karena dikhawatirkan akan mengiritasi kulit bayi.

3. Letakkan bayi di atas handuk hangat di tegah kasur atau lantai.

4. Usapkan krim atau minyak di telapak tangan Bunda terlebih dahulu sebelum diusapkan ke bayi. Fungsinya untuk menghangatkan tangan Bunda.

5. Perhatikan reaksi bayi pada setiap gerakan tangan Bunda. Ketika ia terlihat tidak suka, hentikan gerakan tersebut.

Selamat mencoba teknik pijat ini, Bun. Simak videonya juga ya untuk melihat bagaimana teknik memijat yang benar.

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi