menyusui

2 Teknik Memijat Payudara yang Ampuh Lancarkan ASI

Dwi Indah Nurcahyani Jumat, 04 Oct 2019 10:48 WIB
2 Teknik Memijat Payudara yang Ampuh Lancarkan ASI
Jakarta - Sepakat ya, Bunda, kalau pijat bisa bikin badan relaks dan terasa lebih nyaman. TermasukĀ pijat payudara nih, yang bisa juga membuat ASI makin lancar.

Ya, pengalaman menyusui setiap ibu memang berbeda satu sama lain, Bun. Ada yang ASI-nya mengalir lancar hingga membuat payudaranya bengkak. Tapi, tak sedikit pula yang mengalami ASI sedikit alias enggak lancar.

Nah, di sinilah sebenarnya manfaat pijat payudara diperlukan. Selain membantu mengatasi saluran tersumbat atau mastitis, pijat laktasi juga dapat membuat pasokan ASI lebih lancar.


Melansir Health Line, pijatan payudara juga diketahui dapat mengidentifikasi dini kanker payudara, memperbaiki penampilan payudara, membantu tubuh merangsang sistem limfatik dimana dapat membantu mengeluarkan racun, serta meredakan ketegangan otot.

Khusus bagi Bunda yang sedang menyusui tentu saja manfaat ini dikaitkan dengan kunci kesuksesan proses menyusui si kecil. Sebab, pijatan payudara diketahui dapat meningkatkan pasokan ASI, Bun.

2 Teknik Memijat Payudara yang Ampuh Lancarkan ASI2 teknik pijatan payudara/ Foto: iStock

"Pijatan laktasi merupakan kunci keberhasilan menyusui atau memompa secara ekstensif. Pijatan ini sangat bermanfaat bagi ibu yang memiliki bayi dengan masalah menyusui. Jadi, Bunda perlu mempertimbangkan untuk mencoba pijatan laktasi di rumah," ujar Amelia Henning, seorang spesialis laktasi di Massachusetts General Hospital, dikutip dari laman Parents.

Pijatan pada payudara sangatlah mudah lho, Bun. Bunda sendiri bisa melakukannya sendiri di rumah sesering yang Bunda inginkan.

Bagi Bunda yang ingin mempraktikkannya di rumah, Henning memaparkan beberapa teknik pemijatan yang dapat digunakan. Untuk saluran tersumbat, Bunda dapat melakukan pijatan dengan gerakan melintasi saluranĀ ASI menuju puting susu. Sedangkan untuk menambah pasokan ASI saat memompa, gunakan kedua tangan untuk memijat bagian payudara, kemudian mengarah ke bagian bawah menuju puting susu.

Oh ya, Bun, jangan lupa untuk melakukan pemijatan dengan nyaman dan tidak boleh meninggalkan rasa sakit atau meninggalkan bekas merah. Sebaiknya, lakukanĀ pijatan payudara dengan tegas tapi lembut karena gerakan yang terlalu keras dapat menyebabkan kerusakan jaringan kecil jika pijatan terlalu kuat.

Selamat mencoba, Bun!

Nah, ini ada juga tips untuk meningkatkan produksi ASI yang menarik Bunda lihat.

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi