parenting

3 Obat Turun Panas Anak Terbaik Pilihan Bunda

Zika Zakiya Senin, 28 Oct 2019 19:30 WIB
3 Obat Turun Panas Anak Terbaik Pilihan Bunda
Jakarta - Anak panas menjadi salah satu hal yang paling membuat Bunda pusing, bukan? Selain karena membuat si kecil menjadi lemas, panas badannya bisa membuat kita berpikir yang tidak-tidak.

Padahal menurut dr.Arifianto Sp.A.,demam diciptakan oleh tubuh untuk banyak tujuan baik. Misalnya, saat tubuh mendapat serangan kuman seperti virus dan bakteri, terjadilah respons berupa reaksi peradangan.

Tapi bukan artinya Bunda diam saja ya. Para Bunda di bawah ini contohnya. Mereka memberi obat turun panas anak terbaik berdasarkan pengalaman. Dan, mereka tak sungkan membagi pengalaman itu dalam kolom Komentar kami. Berikut obat turun panas yang para Bunda share;


1. Pamol Supp

"Pernah saat pulang dari bepergian jauh, anak saya ⁣panas 40,5 dan sudah mau saya bawa ke UGD, tapi saya pikir dikasih Pamol Supp juga sudah, kalau dibawa ke UGD pasti diinfus supaya cairan masuk dan demamnya bisa turun.

Saya gak tega Bun, jadi saya coba usaha sendiri dulu, kalau memang tidak turun juga baru UGD opsi terakhir. Oh ya, jangan lupa selama demam harus banyak minum, cairan sangat penting kalau lagi demam tinggi seperti ini.

Pertimbangan lain karena anak saya masih aktif, masih mau makan, minum, main. Lain hal kalau sudah lemes dan tidak mau makan ya, itu pasti langsung saya angkut ke UGD. alhamdulillah perlahan panas anak turun dan mulai normal," cerita Bunda Mrs.Arifin.

2. Sanmol Drops

"Kemaren anakku panas umurnya 5 bulan. langsung kukasih Sanmol Drops trus jidatnya ditempelin sama Byebye Fever. Seringin ngASIhi sama skin to skin aja sih.. syukurnya gak terlalu rewel. rewelpun kalo gak liat aku di dekat dia. alhamdulillah anak ku sudah turun panasnya," cerita Bunda Raudah Hdh.

Anak panas demamAnak panas demam/ Foto: iStock

3. Parasetamol

"Mendapati anak demam bagi saya sudah biasa bun. Apalagi kalau musimnya berubah-ubah seperti akhir-akhir ini. Untuk menyikapi hal tersebut bun, alangkah baiknya jika bunda tidak panik. Karena jika bunda panik maka kita tidak akan bisa fokus untuk mengobati anak. Selain itu pasti anak jg akan bertambah rewel," kata Bunda Diyah Ika Sari.

Kemudian kita beri Parasetamol. Aturan memberinya setiap 4 - 6 jam sehari/sesuai petunjuk. Obat ini wajib sedia di rumah, Bun. Sebagai pertolongan pertama saat demam. Ganti pakaian anak dengan kain yg tidak menyebabkan gerah.

Lebih baik jangan pakaikan baju panjang & kaus kaki. Pastikan suhu kamar tetap sejuk ya agar anak nyaman. Beri minum air putih yg banyak agar tidak dehidrasi. Kalau perlu kompres air hangat di dahinya. 

"Jika panas tidak turun selama 3 hari, Bunda segera bawa anak ke dokter. Begitu sedikit pengalaman saya ketika menghadapi anak yg sedang demam. Smg bermanfaat ya Bun," kata Bunda Diyah.

Bunda masih punya obat turun panas anak yang direkomendasikan? Jika iya, yuk sharing bersama kami. Masukan dari Bunda akan sangat bermanfaat untuk para Bunda lainnya. Mulai yuk ketik di kolom Komentar ya.

[Gambas:Video Haibunda]

(ziz/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi