parenting

Anak Demam, Lebih Baik Diberi Paracetamol atau Ibuprofen?

Melly Febrida Minggu, 11 Aug 2019 14:02 WIB
Anak Demam, Lebih Baik Diberi Paracetamol atau Ibuprofen?
Jakarta - Bunda mungkin pernah mendengar ibuprofen dalam kandungan obat. Biasanya untuk penurun demam. Apa bedanya ya dengan paracetamol?

Menurut Genita Savitri, S.Farm., Apt, ibuprofen memang bisa digunakan sebagai penurun panas. Tapi pemberiannya jangan bersamaan dengan paracetamol.

Genita bilang, kegunaan ibuprofen selain sebagai antipiretik (penurun demam), juga sebagai analgesik (pereda nyeri, dapat digunakan untuk nyeri ringan sampai sedang), dan sebagai anti-inflamasi atau anti-peradangan (NSAIDs).


Untuk kasus demam, lanjut Genita, paracetamol lebih dianjurkan ketimbang ibuprofen. Ini lebih terkait dengan efek samping ke lambung.

"Bila kurang lebih 1 - 2 jam setelah pemberian paracetamol tidak ada penurunan suhu yang signifikan atau malah terjadi peningkatan suhu, ibuprofen dapat diberikan. Untuk selanjutnya kembali ke paracetamol," kata Genita kepada HaiBunda.

Misalnya saja, Bunda memberikan paracetamol pukul 08.00, tapi sampai pukul 09.00 atau 10.00 demam anak belum turun juga. Nah, pukul 10.00 Bunda boleh memberikan ibuprofen. Tapi, saat pukul 12.00 kembali lagi ke Paracetamol.

"Kalau paracetamol itu lebih ke penurun demam aja, tapi kalau ibuprofen ada efek anti-peradangannya, jadi biasanya lebih cepat turun panasnya kalau pakai ibuprofen," katanya.

ilustrasi paracetamol dan ibuprofen untuk anakilustrasi paracetamol dan ibuprofen untuk anak/ Foto: iStock
Oh iya, Bun, ibuprofen ini enggak untuk anak-anak saja. Orang dewasa juga bisa mengonsumsinya. Untuk anak-anak, kata Genita ibuprofen bisa diberikan minimal di usia 3 bulan atau berat badannya minimal 5 kg. Namun, menurut situs Drug, jangan memberikan ibuprofen kepada anak di bawah 2 tahun tanpa saran dokter.


Mengutip detikcom, pada 1984, ibuprofen menjadi sangat terkenal sebagai obat penghilang sakit dan banyak dijual di mana-mana, bahkan sampai ke desa terpencil. Demam, sakit kepala, sakit punggung, sakit gigi, semua kondisi tersebut biasanya bisa ditangani dengan ibuprofen.

Bunda, simak juga penanganan demam ala Jessica Iskandar, di video berikut.

[Gambas:Video Haibunda]

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi