parenting

Viral! Manfaat Olahraga Anak Balance Bike, Bersepeda Tanpa Pedal

Siti Hafadzoh Senin, 04 Nov 2019 07:00 WIB
Viral! Manfaat Olahraga Anak Balance Bike, Bersepeda Tanpa Pedal
Jakarta - Bunda, si kecil sedang menggandrungi olahraga balance bike? Wah ternyata komunitas balance bike atau push bike memang sedang viral di berbagai daerah ya.

Pelatih komunitas Push Bike Jakarta bercerita pada HaiBunda, kalau sebenarnya olahraga ini pertama kali ngetren di Indonesia sejak tahun 2016, tepatnya di kota Yogyakarta.

Saat ini, push bike banyak digemari oleh anak-anak. Push bike bisa digunakan oleh anak mulai dari usia 1,5 tahun hingga usia 6 tahun.


"Biasanya kalau anak-anak sih dari usia satu setengah tahun, dari mulai bisa jalan, sampai 6 tahun maksimal," ujar Oky Windarwanto, pelatih Push Bike Jakarta kepada HaiBunda.

[Gambas:Instagram]

Bermain push bike ternyata enggak cuma untuk seru-seruan. Sepeda tanpa pedal ini dapat melatih motorik, keseimbangan, kepercayaan diri anak, dan mempererat hubungan anak dengan orang tua.

Tapi ingat ya, Bun, anak-anak harus ditemani orang tua ketika berlatih push bike. Hal tersebut dapat membangun bonding yang akan lebih mendekatkan orang tua dan anak.

"Orang tua tetap harus ikut membantu mengarahkan. Karena takutnya kalau anak dibebankan ke pelatih, nanti orang tuanya, niatnya awal kita pengen lebih bikin anak itu sama orang tua, jadi malah kurang. Jadi, mereka harus ikut berkecimpung," jelas Oky.

Nah, kalau anak Bunda mau coba bermain push bike, perhatikan keselamatannya ya. Pakaikan helm serta pelindung lutut dan siku agar anak tetap aman kalau jatuh dari sepedanya.

Bagaimana, Bun? Tertarik ajak anak untuk mencoba olahraga ini?

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi