sign up SIGN UP search

parenting

Anak Main Sepeda Cuma di Depan Rumah Harus Pakai Helm?

Melly Febrida Selasa, 16 Feb 2021 12:30 WIB
Ilustrasi anak menggunakan helm sepeda caption

Anak-anak saat main sepeda selalu pakai helm, Bunda? Mungkin Bunda berpikir buat apa pakai helm, kan mainnya hanya di sekitar rumah. Tapi, anak sebaiknya memakai helm karena rawan tabrakan dengan teman-temannya, atau bahkan cedera.

Mengendarai sepeda merupakan keterampilan dasar yang perlu dimiliki oleh setiap anak. Karena dengan bersepeda, anak bisa meningkatkan ketangkasan dan kesehatan tubuh.

American Academy of Pediatrics (AAP) membenarkan bahwa mainan terbaik untuk anak 2 tahun adalah yang memungkinkan mereka mengembangkan imajinasinya. Salah satu contohnya adalah sepeda roda tiga.

Mengutip, dalam buku Your Preschooler Bible, psikolog anak Dr Richard Woolfson, Ph.D, PGCE, MAppSci, CPsychol, FBPsS, mengatakan semua anak menyukai mainan seperti sepeda. Dan mainan ini merupakan cara membantu anak-anak mengembangkan keterampilan motorik penting seperti koordinasi (mengayuh) dan keseimbangan (dengan skuter, sepeda keseimbangan, maupun sepeda).

"Tapi anak juga bisa terjatuh dalam proses belajar.  Anak-anak mulai mengendarai skuter dan sepeda roda tiga sejak usia dua tahun, tetapi jangan naik sepeda sampai usia lima tahun - meskipun sepeda keseimbangan tanpa pedal dapat dikendarai lebih awal," ujar Woolfson.

Selain itu, Woolfson berpesan untuk membeli mainan yang dikendarai yang ukurannya tepat. Ini untuk mengurangi risiko kecelakaan mainan. Beberapa skuter dan sepeda dapat disesuaikan ukurannya sesuai dengan pertumbuhan anak. 

"Kenakan selalu helm sepeda setiap kali anak mengendarai sepeda roda tiga, atau sepeda, baik itu di halaman belakang rumah atau di taman.  Helm yang ukurannya sesuai yang dipasang dengan benar dapat mengurangi risiko cedera kepala secara signifikan," kata Woolfson.

Cek helm sepeda anak tersebut masih muat atau tidak secara teratur dan segera beli yang baru saat anak tambah besar. 

"Beli yang baru jika dia pernah mengalami kecelakaan dan kepalanya terbentur;  dia mungkin baik-baik saja tapi helmnya bisa rusak," ucap Woolfson. 

Anak-anak juga senang bersepeda dengan Ayah dan Bunda, dan ini cara yang bagus untuk menjaga kebugaran.  Kalau anak ingin membonceng, Woolfson mengingatkan untuk selalu mengikat anak di kursi sepeda anak yang aman yang memenuhi standar 1625-00, dan kenakan helm sepedanya;  dan selalu pakai helm sendiri.


Simak juga manfaat bersepeda bagi anak dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner poligami





(som/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi