parenting

4 Bahan Alami Pembasmi Cacingan pada Anak

Yuni Ayu Amida Minggu, 03 Nov 2019 16:04 WIB
4 Bahan Alami Pembasmi Cacingan pada Anak
Jakarta - Cacingan pada anak tentu sangat mengganggu ya, Bunda. Namun, sebelumnya kita mesti ketahui dulu apa sih penyebab terjadinya cacingan.

Dijelaskan dr.Reisa Broto Asmoro, ada beberapa penyebab cacing masuk ke dalam tubuh, salah satunya karena makanan yang terkontaminasi. Apalagi jika ditambah kita makan dengan menggunakan tangan yang tidak dicuci atau tidak bersih.

"Di sekitar kita bisa aja ada telur cacing, kalau telur cacing masuk ke pencernaan kita, kalau dia hidup di pencernaan dia bisa mengeluarkan telur di sana," tutur Reisa dalam tayangan Dr.Oz Indonesia di Trans TV.

Sementara itu, Prof. dr.Supargiyono DTM&H., SU., Sp.Par(K), menerangkan bahwa orang yang terkena penyakit cacingan biasanya terlihat kurus. Hal ini karena nutrisi yang seharusnya diserap tubuh menjadi makanan cacing.


"Tidak hanya pada anak, tanda ini juga bisa muncul pada orang dewasa. Karena zat gizi di dalam tubuhnya itu diserap oleh cacing, makanya badannya kurus," ujar Supargiyono, dilansir detikcom.

Tentunya kalau sudah begini anak akan merasa tidak nyaman ya, Bunda. Nah berikut ini disarankan Reisa, obat alami yang bisa membasmi cacingan pada anak, di antaranya,

1. Bawang putih

Caranya dengan menumbuk halus bawang putih, kemudian campurkan dengan minyak esensial. Campuran ini bisa dioleskan pada area anus yang gatal. Ramuan ini bermanfaat untuk mengurangi rasa gatal karena adanya telur-telur yang menempel di daerah anus.

"Jadi ini bisa dioleskan setiap pagi dan malam hari sebelum tidur dan hapus setelah beberapa saat didiamkan," tutur Reisa.

2. Air rebusan bawang putih dengan gula merah

Kemudian bisa juga dengan cara merebus bawang putih yang dicampurkan dengan gula merah. Rebuslah sekitar 600 cc air, lalu hentikan proses perebusan ketika air mulai kering atau berkurang setengahnya.

"Kemudian bisa dikonsumsi oleh anak, itu bisa menyehatkan daerah ususnya yang sudah terinfeksi cacing, karena ini termasuk probiotik yang menyehatkan usus, ada antibakteri juga," jelas Reisa.

3. Konsumsi serat
 
Salah satu cara untuk membasmi cacingan adalah dengan mengonsumsi banyak serat, Bunda. Seperti salah satunya wortel yang kaya serat. Sehingga, bisa membantu mendorong metabolisme pada usus lebih cepat. Dengan mengonsumsi rutin wortel, diharapkan cacing bisa ikut keluar.

4. Minyak kelapa
 
Minyak kelapa juga bisa untuk mengurangi rasa gatal akibat cacingan. Caranya cukup oleskan minyak kelapa di area yang gatal seperti anus.

Simak juga ulasan dari dokter soal bahan alami atasi cacingan melalui video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(yun/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi