parenting

Pentingnya Cek Kandungan Ceramide dalam Krim Pelembap Bayi

Asri Ediyati Jumat, 22 Nov 2019 14:41 WIB
Pentingnya Cek Kandungan Ceramide dalam Krim Pelembap Bayi
Jakarta - Kita tahu, kulit bayi lebih sensitif dari orang dewasa. Kenapa? Ini karena menurut dr.Anna Juniawati Putri Gunawan, kulit bayi memiliki tiga sampai lima kali lebih tipis dibanding orang dewasa. Begitu pula dengan kulit anak-anak.

Sementara itu dibanding kulit orang dewasa, kulit bayi gampang kering. Air dalam lapisan kulit gampang menguap, pigmen kulit bayi juga lebih sedikit.

"Sel penyusun stratum corneum itu istilah medis. Tapi jika dibayangkan seperti batu bata dalam tembok, itu selnya. Pada bayi, dindingnya itu lebih tipis," ujarnya di acara Erha Skin Barrier Body Moisturizer untuk Solusi Kulit Atopik Bayi, di Erha Derma Center, Jakarta Barat, Selasa (19/11/2019).

Demikian pula dengan 'semen' yang merekatkan 'bata' pada kulit bayi. 'Semen' tersebut adalah ceramide. Ceramide merupakan bahan utama penyusun skin barrier. Pada bayi, kandungan ceramide masih sedikit.


Nah, karena tipisnya kulit bayi ditambah kurangnya jumlah ceramide, bikin fungsi skin barrier tadi enggak optimal, Bunda. Jika fungsi skin barrier enggak optimal maka akan ada risiko masuknya benda asing termasuk iritan, alergen.

"Oleh karena itu kita perlu lebih pintar memilih terhadap produk yang dioleskan pada kulit bayi," ujar Anna.

Tentu, ceramide menjadi salah satu kandungan yang wajib ada saat membeli pelembap. Semakin tinggi kadarnya maka bisa melembapkan kulit bayi dengan baik. Ditambah fungsi skin barrier akan bekerja optimal sehingga anak terhindar dari pencetus alergi atau kuman.

"Pelembap yang baik harus mengandung ceramide, kadarnya yang tinggi maka makin bagus," kata Anna.

Pentingnya Cek Kandungan Ceramide dalam Krim Pelembap Bayi

Simak juga video tentang obat alami untuk obati kulit terbakar akibat sinar matahari:

[Gambas:Video Haibunda]

(aci/som)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi