parenting

Kata Cinta Bunda Obati Kecewa Si Kecil Saat Kalah Berlomba

Yuni Ayu Amida Kamis, 21 Nov 2019 10:39 WIB
Kata Cinta Bunda Obati Kecewa Si Kecil Saat Kalah Berlomba
Jakarta - Pernahkah Bunda mendapati si kecil terlihat kecewa karena kalah berlomba? Sebagai orang tua, biasanya apa yang Bunda lakukan?

Menurut pengajar di University of San Francisco, Jim Taylor, Ph.D., kekecewaan adalah bagian yang normal dalam hidup, meskipun sulit. Bagaimana anak-anak belajar merespons kekecewaan akan menentukan dampaknya pada pencapaian dan kebahagiaan mereka di masa depan.

"Anda dapat mengajarkan pada anak untuk melihat batu sandungan sebagai peluang untuk berkembang," tutur Taylor, dilansir Psychology Today.


Taylor kemudian menyarankan ketika anak merasakan kecewa, tidak apa-apa untuk membiarkannya dulu, agar anak-anak memahami perasaan tersebut. Selain itu, orang tua juga bisa menawarkan perspektif berbeda tentang kekecewaan.

"Misal dengan mengatakan pada anak, bahwa kita tahu itu adalah saat sulit baginya, tapi dia bisa belajar banyak dari kekecewaannya," ujar Taylor.

Selain itu, Bunda juga disarankan untuk tetap mendukung anak, apapun situasinya. Dan bantu anak untuk menemukan cara untuk mengatasi kekecewaan mereka.

Kata Cinta Bunda Obati Kecewa Si Kecil Saat Kalah BerlombaKata Cinta Bunda Obati Kecewa Si Kecil Saat Kalah Berlomba /Foto: iStock


Berikut ini, dikutip dari berbagai sumber, kata cinta yang bisa Bunda katakan pada si kecil untuk kembali membangkitkan semangatnya meski kecewa karena kalah berlomba.

1. Tidak apa-apa, Bunda percaya kamu sudah melakukan yang terbaik.

2. Kalah dan menang itu biasa, yang terpenting kamu sudah mencoba. Kamu sangat luar biasa.

3. Kamu sampai di titik ini saja Bunda sudah senang. Menang itu bonus, yang paling penting proses yang sudah kamu lalui. Anak Bunda paling hebat!

4. Kamu tetap pemenang di hati ayah dan Bunda, jadi tetap semangat ya, Nak.

5. Tidak apa-apa Nak, kamu sudah sangat membuat Bunda bangga.

6. Kadang kita membuat kesalahan, tapi dari sanalah kita belajar. Ini tidak masalah, kamu bisa mencobanya lain kali

Kenali gejala sesak napas pada anak,

[Gambas:Video Haibunda]

(yun/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi