parenting

Kata Cinta Bunda Ampuh Redakan Tangis Si Kecil

Yuni Ayu Amida Sabtu, 23 Nov 2019 14:40 WIB
Kata Cinta Bunda Ampuh Redakan Tangis Si Kecil
Jakarta - Sebagai orang tua tentunya kita ingin menenangkan anak saat menangis. Namun, sebenarnya bagaimana sikap yang tepat yang mesti kita ambil agar anak tenang?

Dijelaskan pekerja sosial berlisensi yang juga psikoterapi, Amy Morin, LCSW, menangis adalah hal umum yang terjadi pada anak maupun orang dewasa. Peneliti menemukan, orang merasa lebih baik setelah menangis jika mereka memiliki dukungan emosional, dan juga jika menangis mengarah pada resolusi atau pemahaman yang lebih baik, atau ketika mereka menangis karena peristiwa positif.


"Jadi, tujuan Anda tidak selalu harus membuat anak berhenti menangis. Meneteskan air mata mungkin baik untuk anak-anak," ujar Morin, dilansir Very Well Family.


Namun, kata Morin, sebelum kita memutuskan bagaimana cara terbaik merespons, penting untuk bertanya pada diri sendiri, 'Mengapa anak saya menangis?'. Karena pastinya anak menangis ada sebabnya, dan sebabnya pun bermacam-macam.

Misalnya anak menangis karena tidak mendapatkan sesuatu yang dia inginkan. Maka orang tua harus bersikap bijak untuk menenangkannya. Menurut Morin, jika orang tua menyerah setelah mengatakan tidak, baik karena merasa bersalah atau karena tidak tahan mendengarkan tangisan anak, ini akan mengajari anak bahwa dia dapat menggunakan air mata agar keinginannya dipenuhi.

"Meskipun penting untuk menunjukkan empati, jangan biarkan air matanya mengubah perilaku Anda. Ajari anak secara proaktif cara yang pantas secara sosial untuk menangani perasaannya ketika dia tidak mendapatkan sesuatu yang diinginkannya," tukas Morin.

Kata Cinta Bunda Ampuh Redakan Tangis Si KecilKata Cinta Bunda Ampuh Redakan Tangis Si Kecil /Foto: ilustrasi/thinkstock



Selain itu, Bunda juga bisa menenangkannya dengan kata-kata yang tepat. Nah, berikut ini kata cinta yang bisa Bunda ucapkan untuk menenangkan si kecil yang menangis, dikutip dari berbagai sumber.

1. Sini Bunda peluk agar kamu lebih tenang.

2. Tidak apa-apa menangis, yang terpenting hatimu bisa lega setelah itu.

3. Kalau kamu sudah tenang, ceritakan pada Bunda apa yang membuat kamu menangis ya.

4. Bunda di sini sayang, jadi kamu tenang ya.

5. Apapun yang sedang kamu rasakan, Bunda siap mendengar semua cerita kamu.

6. Selama menangis membuatmu merasa tenang, menangislah sayang. Kamu boleh menyudahinya setelah merasa lebih baik.

7. Menangis boleh, tapi lebih baik lagi jika kamu tenang, dan katakan sebenarnya apa yang kamu inginkan.

Kata Cinta Bunda Ampuh Redakan Tangis Si Kecil

Simak tips agar tidak menangis saat kupas bawang dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(yun/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi