parenting

Kata Cinta Bunda Saat Bujuk Si Kecil yang Mogok Makan

Yuni Ayu Amida Sabtu, 23 Nov 2019 19:21 WIB
Kata Cinta Bunda Saat Bujuk Si Kecil yang Mogok Makan
Jakarta - Sebagai orang tua tentunya kita merasa khawatir ketika anak tidak mau makan. Berbagai cara pun kita lakukan, bahkan tak jarang cara yang terkesan memaksa. Namun, apa hal tersebut dibenarkan?

Dijelaskan psikolog klinis David Coleman, saat anak mogok makan, langkah awal yang mesti kita lakukan adalah mendengarkan alasan anak kenapa ia tidak mau makan. Kita juga tidak boleh terlalu memaksa anak untuk makan jika memang dia benar-benar tidak ingin.


"Ketika seorang anak muntah setelah dipaksa untuk makan sesuatu, itu adalah pesan yang sangat kuat bahwa dia tidak ingin makan apa pun yang dipaksakan padanya," tutur Coleman, dilansir Independent.


Coleman menyarankan untuk melakukan pendekatan yang lebih santai. Karena sebenarnya secara naluriah anak kecil pun paham bahwa makanan adalah kebutuhan mereka untuk bertahan hidup. Jadi tanpa dipaksa pun mereka pasti akan makan.

"Ibu dapat memutuskan bahwa pekerjaan Ibu hanyalah untuk menyediakan makanan yang bervariasi, bergizi seimbang, dan sehat untuk anak. Tapi bukan tugas kita untuk memaksa mereka mengonsumsinya," jelas Coleman.

Selain itu, menurut Coleman, semakin kita menekan anak untuk makan, malah perasaan menolak bisa semakin kuat. Daripada kita bersitegang dengan anak untuk menyuruhnya makan, lebih baik kita biarkan dulu sampai dia tenang dan mau memakan makanannya sendiri.

"Ketika kita tidak lagi menekan mereka dan berhenti berusaha memaksa mereka untuk makan hal-hal tertentu, mereka lebih mungkin menemukan keseimbangan," tukasnya.

Kata Cinta Bunda Saat Bujuk Si Kecil yang Mogok MakanKata Cinta Bunda Saat Bujuk Si Kecil yang Mogok Makan /Foto: iStock


Nah, berikut ini beberapa kata cinta dan kalimat rayuan yang mungkin bisa Bunda ucapkan pada si kecil ketika dia mogok makan, dilansir dari berbagai sumber.

1. Kalau kamu ingin kuat seperti super hero, kamu harus banyak makan.

2. Kamu mau Bunda masak apa? Kamu bilang saja, yang penting kamu makan ya, Nak.

3. Enggak apa-apa sedikit, yang penting ada makanan yang masuk ke dalam perutmu.

4. Kamu sudah lapar belum? Bunda letakkan makananmu di sini ya, kalau merasa lapar. Langsung dimakan dan habiskan ya.

5. Bantu Bunda masak makanan kesukaanmu yuk, setelah itu nanti kita makan bersama.

6. Kalau kamu berhasil menghabiskan makananmu, nanti akan Bunda berikan hadiah.

Kata Cinta Bunda Saat Bujuk Si Kecil yang Mogok Makan

Simak pula cara mencegah ISPA pada anak dalam tayangan ini ya, Bunda

[Gambas:Video Haibunda]

(yun/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi