parenting

Mau Anak Cerdas? Catat 12 Makanan yang Bagus untuk Pertumbuhan Otak

Siti Hafadzoh Senin, 02 Dec 2019 08:40 WIB
Mau Anak Cerdas? Catat 12 Makanan yang Bagus untuk Pertumbuhan Otak
Jakarta - Superfood alias makanan super adalah sumber nutrisi yang sangat bergizi dan dianggap sebagai makanan utuh. Makanan utuh artinya dibiarkan dalam keadaan murni dan tidak diproses.

Makanan super tinggi akan kandungan vitamin dan antioksidan. Mengutip Childhood, makanan ini biasanya rendah lemak jenuh dan lemak trans, tidak diproses berlebihan, dan tidak banyak mengandung banyak zat tambahan.


Nah, berikut ini 12 makanan super yang baik dan bergizi untuk anak dikutip dari buku 101 Menu MPASI Sehat.


1. Ikan dan kerang-kerangan

Ikan dan kerang-kerangan merupakan sumber asam lemak omega 3 dalam bentuk DHA dan EPA. Asam lemak omega 3 sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan fungsi otak anak. Riset terbaru menunjukkan bahwa orang yang memperoleh asupan asam lemak akan memiliki pikiran yang lebih tajam dan mencatat hasil memuaskan dalam uji kemampuan.

Jenis ikan laut yang mengandung DHA dan EPA yaitu salmon, tuna, sarden, makarel, tenggiri, dan kembung. Sedangkan, ikan air tawar yang kaya akan DHA dan EPA yaitu ikan tawes

2. Daging sapi

Daging sapi salah satu sumber makanan yang mengandung zat besi. Zat besi adalah jenis mineral esensial yang akan membantu anak-anak tetap berenergi dan berkonsentrasi di sekolah. Selain itu, mineral yang ada di daging sapi bisa memelihara daya ingat.

3. Daging ayam

Sama seperti protein hewani lainnya, daging ayam punya protein yang tinggi. Daging ayam juga mengandung asam amino yang dibutuhkan oleh tubuh anak.

4. Gandum murni

Otak membutuhkan asupan glukosa dari tubuh yang bersifat konstan. Gandum bisa memenuhi kebutuhan tersebut. Serat yang ada di gandum murni dapat membantu mengatur pelepasan glukosa dalam tubuh. Selain itu, gandum murni mengandung vitamin B yang bantu memelihara kesehatan sistem saraf.

5. Oatmeal

Oat menyediakan energi untuk otak yang dibutuhkan anak-anak untuk mengawali hari. Makanya, oatmeal merupakan menu sarapan yang bagus untuk anak. Oat adalah sumber vitamin E, vitamin B, potasium, dan seng yang membuat tubuh dan fungsi otak berfungsi pada kapasitas penuh.

6. Beras merah

Di dalam beras merah terdapat karbohidrat kompleks yang membantu meningkatkan hormon serotonin dalam otak. Serotonin berfungsi memperbaiki suasana hati dan menenangkan otak. Beras merah mengandung vitamin B kompleks yang penting untuk kesehatan otak.

Mau Anak Cerdas? Catat 12 Makanan yang Bagus untuk Pertumbuhan OtakIlustrasi superfood/ Foto: iStock

7. Buah beri

Buah-buah beri seperti stroberi, ceri, dan bluberi mengandung vitamin C dan antioksidan yang disebut sebagai antosianin. Biji buah beri juga mengandung asam lemak omega 3. Ternyata, semakin kuat warna buahnya, semakin banyak gizi yang terdapat di dalamnya.

8. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan mengandung protein dan karbohidrat. Kacang-kacangan kaya akan serat, vitamin B kompleks, zat besi, dan magnesium. Zat-zat tersebut dapat meningkatkan daya ingat dan kesehatan sistem saraf anak.

Salah satu kacang-kacangan yang sangat bermanfaat untuk perkembangan anak adalah kedelai. Kedelai bisa ditemukan di tahu dan tempe, Bun.

"Kualitas protein kedelai lebih tinggi dibandingkan beras, jagung, dan terigu," ujar Prof Dr Ir Made Astawan, MS yang dikenal sebagai 'Bapak Kedelai dan Tempe Indonesia'.

9. Buah dan sayuran berwarna

Buah dan sayur kaya akan vitamin dan mineral. Vitamin dan mineral berguna untuk pertumbuhan dan fungsi otak. Buah dan sayur berbagai warna mengandung vitamin A, B, C, dan E.

10. Susu dan yogurt

Protein dan vitamin B yang terdapat dalam susu penting bagi pertumbuhan jaringan otak. Susu dan yogurt bisa membuat perut kenyang karena kandungan protein dan lemaknya. Selain itu, susu kaya akan vitamin D yang berguna untuk sistem saraf otot.

11. Keju

Keju mengandung protein dan kalsium. Kalsium bermanfaat untuk pertumbuhan anak. Di dalam keju terdapat sejumlah vitamin yang terdapat dalam susu kecuali vitamin C yang rusak akibat pengolahan.

12. Telur

Telur dikenal sebagai sumber penting protein yang mudah ditemui. Kuning telur mengandung lecithin. Lecithin membantu perkembangan memori atau daya ingat.

"Protein dan nutrisi yang ada di dalam telur membantu anak berkonsentrasi," kata Beth Saltz, RD, seorang chef di Los Angeles dikutip dari WebMD.

Jangan malas makan buah dan sayur ya. Berikut video penjelasan dampak malas makan buah dan sayur, Bun.

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi