sign up SIGN UP search


parenting

Kritikan Istri Pemicu Utama Dad Shaming, Penyebab Ayah Enggan Urus Anak

Annisa Karnesyia Minggu, 08 Dec 2019 11:13 WIB
Dad shaming bisa juga dialami seorang ayah, Bun. Apa sih penyebabnya? caption
Jakarta - Tak cuma ibu yang bisa mengalami mom shaming. Seorang ayah juga bisa mendapatkan kritik dan mengalaminya.

Sumber kritikan dad shaming bukan dari orang lain, melainkan istri sendiri, Bun. Menurut psikolog anak Saskhya Aulia Prima, M.Psi, tanpa disadari istri suka mengkritik pola asuh suaminya.


"Banyak ayah enggak mau mengurus anak karena dikritik istri, semuanya dikomentari," kata Saskhya dalam acara 'My Baby Momversity' di Ayana Midplaza, Tanahabang, Jakarta Pusat, baru-baru ini.


Sebenarnya maksud istri baik, tapi tanpa disadari bisa membuat suami enggak percaya diri. Padahal suami punya ruang dan waktu yang harus dipahami.

Untuk mengatasinya, Bunda harus turunkan ekspektasi dan jangan samakan suami kita dengan suami lain yang sukses menjaga anak. Setelah itu, beri dia apresiasi.

Sekecil apapun hal yang dilakukannya untuk anak, coba beri pujian. Apresiasi bisa membuat suami semangat dan senang terlibat dalam pengasuhan.

"Perlu beri apresiasi dan sabar. Kita enggak harus selalu liat prestasi itu dari media sosial misalnya, 'ayahnya si ini sudah bisa begini'. Dia bisa gendong saja sudah prestasi," ujar Saskhya.

Ilustrasi ayah dan bayiIlustrasi ayah dan bayi/ Foto: iStock

Ayah dan Bunda juga perlu menjaga komunikasi dengan review bareng per bulan atau per minggu. Review yang konsisten membuat pasangan mengenal model diskusi masing-masing. Jadi enggak mudah baper dan pesan yang disampaikan antar pasangan enggak salah.

Paling penting adalah mengubah cara bicara kita pada suami. Rubahlah fokus bicara kita dengan kalimat yang enak didengar.

"Biasanya kita fokus pada suami yang salah dan selalu bilang, 'kamu tuh enggak pernah bantu'. Sekarang ganti dengan, 'saya tahu kamu lagi banyak kerjaan, lagi capek. Tapi bisa tolong bantu aku enggak'," tutur Saskhya.

Bukan hanya kalimat dan cara bicara ya, Bun. Tapi mimik wajah dan nada bicara kita juga harus diubah. Kadang secara teori kita mengerti kalimatnya, tapi ekspresinya bisa beda dan disalah artikan.

Kritikan Istri Pemicu Utama Dad Shaming, Penyebab Ayah Enggan Urus Anak

Bunda, simak juga cara Ade Jigo bagi waktu untuk dua anaknya di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(ank/rdn)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!