parenting

Rutin Makan Ikan Bantu Anak Lebih Mudah Tidur Lho

Annisa Karnesyia Senin, 13 Jan 2020 17:39 WIB
Rutin Makan Ikan Bantu Anak Lebih Mudah Tidur Lho
Jakarta - Tidur menjadi kebutuhan mendasar yang dibutuhkan anak-anak, terutama untuk menunjang tumbuh kembangnya. Namun, enggak semua anak bisa cepat atau mudah tidur.

Salah satu sebab umumnya adalah terlambat tidur. Tapi, ada juga yang sering terbangun tengah malam.


Bila tidak diatasi, si kecil bisa mengidap insomnia, Bunda. Salah satu gejalanya adalah mudah marah, perubahan suasana hati, hiperaktif, agresif, dan gangguan memori.


"Seperti orang dewasa, anak-anak dengan insomnia akan sulit tidur, bisa tidur tapi tidak cukup istirahat dari jumlah normal waktu tidur," kata dokter anak Vincent Iannelli, MD, dikutip dari Very Well Family.

Tak perlu khawatir ya. Cara mengatasi masalah tidur pada anak bisa dari menu makanan, misalnya memberi asupan ikan.

Sebuah studi dari University of Pennsylvania yang diterbitkan dalam jurnal Scientific Reports menemukan bahwa anak-anak yang makan ikan seminggu sekali atau lebih, tidurnya lebih baik. Mereka juga mendapatkan nilai lebih tinggi pada tes IQ dibandingkan anak-anak yang tidak makan atau makan ikan kurang dari sekali seminggu. Demikian dilansir Motherly.

Ilustrasi anak makan ikanIlustrasi anak makan ikan/ Foto: iStock

Studi sebelumnya juga menunjukkan bahwa asam lemak omega-3 yang ditemukan dalam ikan seperti salmon, sarden, dan tuna dapat meningkatkan kecerdasan dan kualitas tidur. Namun, ini adalah penelitian pertama yang menghubungkan beberapa komponen.

Faktanya, para peneliti percaya bahwa peningkatan tidur berasal dari konsumsi lebih banyak omega-3. Ini juga yang meningkatkan IQ, Bun.

Asam lemak omega-3 ditemukan bisa memengaruhi tidur dalam beberapa cara. Penelitian pada hewan menunjukkan peran potensial asam lemak DHA dalam mengatur produksi melatonin yang terbukti mengatur ritme sirkadian dan meningkatkan kualitas tidur.

Asam lemak esensial telah membantu menghasilkan prostaglandin yang mengandung zat efektif untuk mengatur pola tidur atau bangun. Studi epidemiologis juga menunjukkan hubungan antara peningkatan asupan ikan dengan tidur pada anak-anak.


Para peneliti menyarankan agar orang tua secara bertahap menambahkan ikan ke dalam makanan anak-anaknya sejak dini. Selama ikan tidak memiliki tulang dan telah dicincang halus, anak-anak bisa mengonsumsinya mulai sekitar usia dua tahun.

Selain bisa mengatasi masalah tidur pada anak, ikan juga menjadi salah satu makanan yang bisa mencerdaskan otak. Selain ikan, masih banyak lagi, Bunda. Apa saja? Simak video berikut ya.

Bunda, simak juga tips menu makan untuk mencegah anak kurang gizi, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi