parenting

Demam Kawasaki, Penyakit Langka yang Diidap Anak Pedangdut Selvi Kitty

Annisa Karnesyia Minggu, 02 Feb 2020 10:12 WIB
Demam Kawasaki, Penyakit Langka yang Diidap Anak Pedangdut Selvi Kitty caption
Jakarta - Putra semata wayang Selvi Kitty yang berusia 11 bulan, Abizard Kavin Suseno, divonis terkena demam kawasaki. Hal ini diungkapkan Selvi di acara Rumpi Trans TV, baru-baru ini.

"Iya kena demam kawasaki. Tanda-tanda mata merah, lidah dan bibir memerah, demam sudah lima hari enggak turun-turun, sampai 40 (derajat celcius) pas itu sudah masuk UGD," kata Selvi.


Pelantun lagu Panggil Aku Cantik ini sampai bingung, Bun. Pasalnya, dia tidak tahu sama sekali tentang sakit yang diidap anaknya.


"Bingung, pertama baru tahu gitu, penyakit kawasaki, aku kaget. Ternyata itu virus baru menyerang anak laki-laki di bawah umur lima tahun. Dokter belum tahu penyebabnya dan dokter untuk menangani penyakit ini di Indonesia cuma dia," ujarnya.

Selvi juga khawatir tentang kondisi sang putra. Apalagi saat di foto rontgen, ditemukan cairan di jantung Abizard.

Syukurlah, kini kondisi Abizard sudah membaik. Meski begitu, sang putra masih harus menjalani pengobatan dan membatasi kontak dengan banyak orang.

"Kata dokter, demam kawasaki bisa ke jantung juga kan, pas Abizard ke sana sudah masuk cairan ke jantung, sudah ada pas di rontgen itu," tutur Selvi.

"Tapi Alhamdulillah kemarin kontrol, sudah sedikit cairannya. Mangkanya lagi bedrest sampai pertengahan Februari," sambungnya.

Untuk menjaga buah hatinya, Selvi mulai mengurangi pekerjaan di dunia hiburan. Wanita 26 tahun ini ingin fokus mengurus Abizard.

Selvi Kitty dan putranyaSelvi Kitty dan putranya/ Foto: Instagram

Bicara tentang penyakit kawasaki, menurut Michael Portman, MD, dokter jantung anak spesialis penyakit kawasaki di Seattle Children's Hospital, penyakit ini terjadi pada anak-anak usia antara 6 bulan hingga 5 tahun. Meski begitu, anak yang usianya lebih tua dan remaja dapat juga terkena.

Gejalanya mirip dengan sakit umum yang menyerang anak. Terkadang dokter salah mendiagnosis atau tidak mengenali gejala-gejala ini.

"Anak-anak dengan penyakit kawasaki mengalami demam, ruam, mata merah, pembengkakan kelenjar getah bening, dan bengkak di tangan dan kaki," kata Portman, dikutip dari Health.

"Mereka juga bisa mengalami bibir pecah-pecah dan merah, akhirnya terjadi pembengkakan. Selain itu, ujung-ujung jari akan mengelupas," lanjutnya.


Dilansir Mayo Clinic, hingga kini tak ada yang tahu penyebab penyakit kawasaki. Tapi para ilmuwan tidak percaya jika penyakit ini ditularkan.

Sejumlah teori menghubungkan penyakit ini dengan bakteri, virus, atau faktor lingkungan, tetapi tidak ada yang terbukti. Faktor genetik mungkin bisa membuat anak rentan terkena penyakit kawasaki.

Bunda, simak juga cara tepat mengatasi anak demam, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi