sign up SIGN UP search


parenting

Kisah Balita Alami Penyakit Langka Kawasaki, Bibir Menghitam hingga Mata Merah

Annisa A   |   Haibunda Jumat, 23 Sep 2022 21:27 WIB
Ilustrasi Kaki Bayi Ilustrasi/ Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Tanpa disadari, penyakit langka benar-benar ada di sekitar kita. Meski kasusnya sangat jarang ditemukan, penyakit ini bisa saja mengintai Si Kecil.

Kisah seorang Bunda yang anaknya mengidap Kawasaki disease belum lama ini viral di media sosial. Ia membagikan kisahnya dalam merawat sang buah hati.

Kisah tersebut dibagikan oleh akun TikTok @yumnarafania. HaiBunda telah mengontak Bunda Elsa dan diizinkan untuk membagikan kisah adik Yumna.


Bunda Elsa bercerita, putrinya yang berusia 2 tahun 5 bulan mendadak mengalami demam setiap dini hari. Hal itu dialami oleh Yumna selama tiga hari. Ia pun dibawa ke dokter dan didiagnosa positif typhus.

Akan tetapi, kondisinya tak kunjung membaik. Yumna juga mengalami berbagai gejala lain seperti bibir yang menghitam hingga mata merah, Bunda.

"Selama dirawat semalaman anak saya rewel hingga pagi masih nangis terus dan panasnya turun hanya jika diberikan obat penurun panas saja. Mulai muncul bibir kering, pecah pecah memerah, mata juga ikut memerah, dan muncul ruam telapak tangan, kaki, serta punggung," papar Bunda Elsa kepada HaiBunda belum lama ini.

Demam yang tak kunjung sembuh disertai dengan gejala lain membuat dokter memiliki kecurigaan adanya penyakit lain. Dokter kemudian meminta agar dilakukan pemeriksaan lab tambahan, beserta rontgen, dan rekam jantung.

"Dokter anak tersebut menduga anak saya terkena penyakit Kawasaki disease atau radang pembuluh darah. Hasilnya positif," ungkap Bunda Elsa.

"Prosesnya 1 minggu, awal mula demam 3 September dan tanggal 9 diinfokan suspect Kawasaki hingga tanggal 10 keluar hasil positif. Sebelum demam anak saya masih aktif seperti anak balita pada umumnya, tidak ada kecurigaan dan tidak ada gejala apapun," imbuhnya.

Saat ini Yumna tengah menjalani perawatan intensif. Ia sudah keluar dari rumah sakit sejak 14 September lalu dan melakukan rawat jalan.

Bunda Elsa mengatakan, sang anak harus mengonsumsi sejumlah obat khusus. Baca di halaman berikutnya.

Saksikan juga video tentang serba-serbi imunisasi PCV untuk anak:

[Gambas:Video Haibunda]



YUMNA JALANI PERAWATAN KAWASAKI DISEASE
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!