Sign Up search


parenting

Cara Mengatasi Anak Susah Makan karena Batuk Pilek

Yuni Ayu Amida Jumat, 14 Feb 2020 17:25 WIB
Cara Mengatasi Anak Susah Makan karena Batuk Pilek Ilustrasi anak batuk pilek/ Foto: iStock
Jakarta - Batuk pilek merupakan kondisi yang bisa membuat anak tidak nyaman. Ketidaknyamanan ini juga bisa menyebabkan selera makan mereka berkurang.

Menurut Medical Manager Bayer Consumer Care, Tina Suksmasari, sebenarnya flu dan pilek itu tidak ada obat untuk menyembuhkannya. Obat di pasaran untuk flu dan batuk hanya berfungsi untuk mengurangi gejalanya.


Kata Tina, obat terbaik ketika flu dan batuk menyerang adalah istirahat yang cukup. Itu sebabnya, setelah minum obat batuk pilek, biasanya ada efek samping mengantuk, karena memang kita dipaksa untuk istirahat.


"Terkena flu, pilek, yang paling penting itu istirahat," jelasnya.

Nah, ketika batuk pilek menyerang anak-anak, kadang mereka jadi lemas. Ini menyebabkan mereka jadi malas makan. Berikut ini tips mengatasi anak susah makan karena batuk pilek, dilansir berbagai sumber.

1. Pastikan anak tetap terhidrasi

Cara Mengatasi Anak Susah Makan karena Batuk PilekCara Mengatasi Anak Susah Makan karena Batuk Pilek/ Foto: iStock


Hal terpenting yang mesti dilakukan saat anak sakit adalah pastikan kebutuhan cairan tubuhnya tetap terpenuhi. Daripada Bunda memaksa anak untuk makan, lebih baik paksa mereka untuk minum. Jangan sampai anak dehidrasi, karena dengan dehidrasi mereka bisa lebih lama sembuh.

2. Berikan dalam porsi kecil

Batuk pilek membuat kerongkongan anak jadi tidak nyaman. Bahkan tak jarang batuk pilek menyebabkan anak radang tenggorokan, atau masalah lain dalam mulut. Ini menjadikan makanan apapun yang masuk terasa tidak enak ataupun sakit.

Itu sebabnya saat memberikan anak makan, cobalah dalam porsi lebih kecil. Tidak apa-apa sedikit, yang penting ada makanan masuk dalam tubuhnya.

3. Berikan makanan bertekstur lunak

Saat batuk pilek, makanan yang cocok untuk anak adalah makanan dengan tekstur lunak, seperti bubur, puree buah, krim sup, puree kentang dengan campuran daging cincang dan lainnya. Makanan lunak akan memudahkan anak menelan tanpa harus bersusah payah mengunyah.

4. Berikan makanan kesukaan

Daripada Bunda memaksa si kecil yang sedang sakit untuk mengonsumsi makanan yang sudah disiapkan, lebih baik berikan makanan yang dia mau. Meskipun mungkin makanan tersebut tidak lebih sehat dari yang Bunda sajikan, tapi untuk saat ini yang terpenting adalah ada asupan makanan dalam tubuh anak. Walau demikian, pastikan juga makanan yang dia inginkan tidak membuat kondisinya jadi lebih buruk.


Simak juga tips pijat anak untuk hilangkan flu dan batuk:

[Gambas:Video Haibunda]



 
(yun/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi