Sign Up search


parenting

5 Cara Mengatasi Anak Susah Makan Sayur

Yuni Ayu Amida Kamis, 13 Feb 2020 09:17 WIB
5 Cara Mengatasi Anak Susah Makan Sayur 5 Cara Mengatasi Anak Susah Makan Sayur/ Foto: iStock
Jakarta - Sayuran adalah makanan yang baik untuk tubuh, Bunda. Namun, kebanyakan anak tidak menyukai sayur dan tak mau memakannya, kalau begini orang tua harus bagaimana ya?

Menurut psikolog Anna Surti Ariani, yang akrab disapa Nina, orang tua banyak melakukan kesalahan dalam pemberian buah dan sayur. Itulah yang menyebabkan anak-anak jadi tidak suka makan buah maupun sayur.


Salah satu kesalahan orang tua adalah terlalu mencekoki anak. Cara tersebut malah akan membuat anak jadi trauma dengan makanan tersebut.


"Dia akan semakin tidak suka dengan buah dan sayur," jelas Nina, dilansir CNN Indonesia.

Itu sebabnya, Bunda harus memperhatikan hal berikut ini sebagai tips untuk mengatasiĀ anak susah makan sayur, dilansir Crystal Karges.

1. Membuat sayuran lezat

5 Cara Mengatasi Anak Susah Makan Sayur5 Cara Mengatasi Anak Susah Makan Sayur/ Foto: Thinkstock


Sayuran tidak harus membosankan atau tanpa rasa. Jika anak kesulitan makan sayur, ambil pendekatan berbeda tentang cara menyajikan dan menyiapkannya.

Jangan takut menambahkan bumbu atau rempah-rempah. Buat salad yang enak dengan beberapa topping tambahan, seperti buah dan kacang kering. Sayur juga bisa dipanggang atau ditambahkan ke hidangan lain, atau biarkan anak-anak memakannya dengan saus favorit mereka. Buatlah anak merasa enak makan sayur agar mereka terbiasa dan mulai menikmatinya.

2. Sajikan sayur dalam makanan keluarga

Menyajikan sayuran dalam menu makan keluarga setiap hari akan membuat anak lebih mungkin untuk mencobanya. Dengan catatan, coba sajikan sayur yang sama di setiap makan dalam beberapa hari, kemudian ganti menu sayur beberapa hari selanjutnya, sampai menemukan sayur apa yang sekiranya anak mau makan.

3. Jangan memaksa

Semakin kita mendorong anak untuk melakukan sesuatu, semakin kecil kemungkinan ia mau melakukannya, meski tidak semua anak demikian, namun kebanyakannya begitu. Inilah alasan Bunda harus berhenti mengomel, menyuapi dengan paksa, atau mencoba bernegosiasi dengan anak ketika makan. Lebih baik biarkan perlahan sampai anak benar-benar mau.

Ingat, orangtua memberikan, anak memutuskan. Adalah tugas orang tua untuk menentukan makanan apa yang disajikan. Adalah tugas anak untuk memutuskan apakah mereka ingin makan apa yang telah disajikan dan berapa banyak. Menekan seorang anak untuk makan sayuran sebenarnya bisa menyebabkan mereka tidak menyukai makanan itu.

4. Terus coba

Kita semua pernah mendengar pepatah, 'Jika pada awalnya tidak berhasil, coba, coba, dan coba lagi'. Ini benar-benar berlaku untuk anak-anak dan sayuran. Memang kadang orang tua mudah menyerah ketika melihat anak menolak berkali-kali. Sebenarnya yang perlu dilakukan adalah jangan berhenti mencoba. Walaupun nantinya anak hanya akan makan sedikit, tapi lama-lama dia akan terbiasa.

5. Berikan contoh

Pada akhirnya, anak-anak belajar dengan melihat contoh. Ini artinya untuk membesarkan anak agar makan dengan baik, orang tua juga harus memperbaiki kebiasaan makannya.

Dengan cara yang welas asih dan lembut, praktikkan bagaimana hubungan kita dengan makanan. Apakah kita menikmati berbagai makanan? Apakah kita rutin makan sayuran? Dengan melihat orang tua, anak mungkin juga akan mulai mencoba makan sayuran.


Simak juga jenis-jenis makanan yang bisa mencerdaskan otak anak dalam video ini:

[Gambas:Video Haibunda]






(yun/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi