Sign Up search


parenting

Sekolah Di Jakarta Diliburkan 2 Minggu, Ujian Nasional Senin Ditunda

Ratih Wulan Pinandu Sabtu, 14 Mar 2020 15:10 WIB
Sekolah Di Jakarta Diliburkan 2 Minggu, Ujian Nasional Senin Ditunda caption
Jakarta - Penyebaran virus corona yang meningkat, membuat pemerintah provinsi DKI Jakarta cepat ambil tindakan. Di antaranya menutup tempat wisata dan meliburkan sekolah selama dua minggu.

Pengumuman ini disampaikan langsung oleh Gubernur Jakarta, Anies Baswedan di Balai Kota, Jakarta Pusat, Sabtu (14/3/2020). Sekolah akan mulai diliburkan pada Senin (16/3/2020).


Nantinya, kegiatan belajar-mengajar akan dilakukan dengan metode jarak jauh, Bun.


"Lakukan dengan metode jarak jauh, lakukan dengan proses digital, tujuannya untuk mengurangi interaksi yang punya potensi penularan," kata Anies dikutip dari detikcom.

Sekolah Di Jakarta Diliburkan 2 Minggu, Ujian Nasional Senin DitundaCegah corona, sekolah di Jakarta diliburkan/ Foto: SD di Bekasi diajarkan cuci tangan yang benar cegah corona (dok.istimewa)

Langkah ini diambil pemprov DKI demi mencegah penyebaran virus corona. Kabar terakhir menyebutkan bahwa pasien virus corona di Indonesia menyebutkan sudah ada 69 orang.

Bahkan, virus yang pertama kali ditemukan di Kota Wuhan, China ini juga menyerang anak berusia 2 dan 3 tahun. Sehingga Anies merasa perlu mengambil kebijakan tersebut untuk menjaga keselamatan warga.

"Ini demi menjaga keselamatan warga Jakarta dan kami harap masyarakat dengan sekolah ditutup kegiatan mengajar dilakukan di rumah maka kurangi kegiatan di laur rumah," tambah dia.

Tak hanya itu, jadwal ujian sekolah pun rencananya akan ditunda, Bun. Keputusan ini juga berlaku untuk siswa yang akan melakukan ujian nasional (UN) pada Senin besok. Itu artinya UN akan ditunda, Bunda.

"Bagi peserta ujian nasional yang akan berlangsung hari Senin besok, juga ujian sekolah, diputuskan juga ditunda," ujar Anies.


Selanjutnya, pihak pemprov akan mengevulasi libur tersebut. Apakah nantinya akan diperpanjang atau dipercepat, menunggu perkembangan virus corona di Indonesia.

Sementara itu, Plt Kepala Badan Penelitian, Pengembangan, dan Perbukuan Kemendikbud, Totok Suprayitno mengatakan jika keputusan meliburkan sekolah menjadi kewenangan pemerintah daerah. Pihaknya akan mengatur ulang jadwal UN bagi seluruh sekolah di Jakarta.

"Jadwal UN akan mengakomodasi kebijakan tersebut," ujar Totok.

Kita doakan virus corona segera dapat tertangani ya, Bun. Selalu lindungi keluarga dan jauhi tempat-tempat umum jika tidak penting.

Bunda, untuk mencegah penularan corona yuk ajari si kecil cara cuci tangan yang benar dalam video di bawah ini! 

[Gambas:Video Haibunda]




(rap/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi