sign up SIGN UP search


parenting

5 Tips Belajar di Rumah Lebih Efektif Tanpa Harus Galak ke Anak

Melly Febrida Selasa, 07 Apr 2020 11:01 WIB
Buat rencana dan lebih kreatif
Selama pandemi Corona, Bunda pusing dampingi anak belajar di rumah? Coba deh simak tips berikut ini, supaya belajar lebih efektif. caption
Tips belajar di rumah lebih efektif:

1. Buat rencana

Arora mengatakan, Bunda mungkin tak bisa menciptakan lingkungan seperti sekolah di rumah. Tapi, Bunda bisa membuat anak tetap fokus dengan menetapkan rutinitas yang tepat.


"Anak Anda telah mengikuti jadwal tetap di sekolahnya, maka ciptakan kembali lingkungan yang sama di rumah, sehingga lebih mudah membantunya untuk transisi. Jadikan waktu tidur dan waktu makan terstruktur," jelas Arora.

Cobalah bagi-bagi waktu dengan membuat tabel waktu, yang ditempelkan di tempat yang bisa dilihat semua anggota keluarga.

2. Bacakan pelajaran

Bunda atau Ayah dapat meluangkan waktu setiap hari untuk duduk bersama anak, lalu membacakan pelajaran dengan lantang kepadanya.

"Ini adalah latihan yang baik untuk meningkatkan keterampilan kosakata dan pemahamannya, dan menanamkan kebiasaan membaca yang baik yang akan tetap bersamanya seumur hidup," kata Arora.

Kalau anak sedang tenang bermain Lego atau teka-teki ketika Bunda membaca, kata Arora, tidak masalah. Bunda mungkin merasa anak tidak memperhatikan, tetapi sebenarnya anak lebih menyerap daripada yang orang tua pikirkan.

"Untuk menguji pemahaman bacaannya, Anda dapat memintanya untuk menuliskannya di atas kertas, atau bertanya padanya apa yang Anda baca," ujarnya.

3. Jelajahi sisi kreatifnya

Arora menegaskan, seni dan kerajinan merupakan bagian integral dari pendidikan dan tidak dapat dikesampingkan saat orang tua mendidik anak di rumah. Ada banyak kegiatan yang dapat orang tua lakukan bersama anak agar tetap asik, tidak bosan, dan konstruktif.

"Kumpulkan semua bahan bekas dan ciptakan sesuatu yang bermanfaat darinya. Munculkan sesuatu sebagai 'Yang terbaik dari bahan bekas'. Ikuti beberapa video aktivitas DIY untuk melakukan sesuatu yang baru dan menarik dengan anak Anda," kata Arora.

Beri waktu istirahat
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!