sign up SIGN UP search

parenting

5 Tips Belajar di Rumah Lebih Efektif Tanpa Harus Galak ke Anak

Melly Febrida Selasa, 07 Apr 2020 11:01 WIB
Beri waktu istirahat
Selama pandemi Corona, Bunda pusing dampingi anak belajar di rumah? Coba deh simak tips berikut ini, supaya belajar lebih efektif. caption
Tips belajar di rumah lebih efektif:

4. Jangan berhenti belajar sendiri

Arora mengajak orang tua agar setiap hari belajar sesuatu yang baru bersama anak. Jangan menjadi guru yang keras alias galak untuk anak. Sebaliknya, mainkan peran sebagai fasilitator.


"Bahkan jika sekolah anak Anda telah beralih ke pembelajaran digital atau menyediakan pelajaran online, Anda harus ada di sana untuk mengawasi dan melengkapi rencana pelajaran itu," imbuhnya.

5. Beri waktu istirahat

Jangan lupa jadwalkan istirahat. Menurut Arora, anak biasanya aktif selama jam istirahat di sekolah, bermain dengan teman-temannya, atau berolahraga. Namun karantina selama wabah Corona mungkin membatasi aktivitas fisiknya.

Di sinilah orang tua masih bisa menjadikan olahraga sebagai bagian dari rutinitasnya.

"Nyalakan video latihan atau menari di YouTube, dan goyangkan kaki bersama, atau koreografi dan rekam video dance dan unggah secara online. Anda juga dapat bermeditasi saat istirahat bersama anak. Anda perlu memastikan, tidak merusak kesehatan dan kesejahteraan anak dalam seluruh proses homeschooling ini," tegasnya.

Beberapa waktu lalu, Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menerima aduan terkait anak-anak yang stres akibat diberi banyak tugas sekolah secara online. KPAI lalu meminta Dinas Pendidikan melakukan evaluasi terhadap para guru.

"Seiring dengan 14 hari belajar di rumah, ternyata tugas yang harus dikerjakan anak-anak mereka di rumah malah sangat banyak, karena semua guru bidang studi memberikan tugas yang butuh dikerjakan lebih dari 1 jam. Akibatnya, tugas makin menumpuk-numpuk, anak-anak jadi kelelahan," ucap Komisioner KPAI Bidang Pendidikan Retno Listyarti, dikutip dari detikcom.

(muf/muf)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!