sign up SIGN UP search


parenting

Tips Sukses Fitri Tropica Beri MPASI Pertama, Bayinya Lahap Banget

Muhayati Faridatun Rabu, 13 May 2020 17:39 WIB
Fitri Tropica dan anak caption
Jakarta - Fitri Tropica, atau akrab disapa Fitrop, begitu antusias saat memberi Makanan Pendamping ASI (MPASI) perdana untuk putri pertamanya, Sada Amina Hanara. Ia membagikan kebahagiaan lewat akun pribadi di Instagram.

Sada yang lahir pada 11 November 2019 genap berusia 6 bulan pada 11 Mei kemarin. Hanya saja, Fitrop memutuskan untuk memberi MPASI lebih awal pada putrinya. Ia beralasan karena baby Sada sudah genap 180 hari.


"Akhirnya karena sudah genap masuk 180 hari, kemarin mama mulai coba kasih 'CICIP' alpukat campur ASIP sebelum mulai kasih menu lengkap pas genap masuk 6 bulan tanggal 11 Mei besok," tulis Fitrop, dalam unggahannya, Minggu (10/5/2020).


Istri Irvan Hanafi ini lalu mengabadikan momen saat baby Sada menyantap MPASI perdananya. Ia pun tak menyangka putrinya langsung lahap makan dan disantap habis lho.

"Sabar, sabar ya, Nak," ucap Fitrop, yang kewalahan karena baby Sada keburu ngemut pinggiran mangkuk MPASI-nya.

Fitrop pun sampai enggak sempat memakaikan slabber atau celemek makan. "Padahal udah niat day 1 makan mau pakai celemek rapi, tapi karena niat kasih nyicip doang jadi ngoboy aja...," tulisnya.

Anak Fitri Tropica makan MPASI pertamaAnak Fitri Tropica makan MPASI pertama/ Foto: Instagram @fitrop
Sukses memberi MPASI perdana bayinya, wajar ya kalau Fitrop bahagia banget. Tentu ini jadi pengalaman haru sekaligus menyenangkan. Di balik kesuksesan memberi MPASI pertama pada putrinya, Fitrop rupanya rajin membekali diri dari jauh-jauh hari, Bunda.

Ia banyak baca dari berbagai sumber yang jelas dan terpercaya, misal dari buku panduan MPASI yang ditulis langsung oleh dokter spesialis anak. Selain itu, artis kelahiran Bandung, 32 tahun silam, ini juga konsultasi langsung ke dokter, atau banyak bertanya pada teman-temannya yang sudah pengalaman.

"Jangan asal baca dari Google aja karena semua orang bisa menulis apa aja di internet, tapi belum tentu kredibel, makanya aku prefer baca dari buku, jelas penulisnya siapa dan isinya dapat dipertanggungjawabkan," tutur Fitrop.

Dalam unggahan video terbaru, Rabu (13/5/2020), Fitrop memperlihatkan baby Sada sedang menyantap MPASI pertama dengan menu lengkap. Satu mangkuk habis lho, hebat!


Komposisi MPASI

Terkait pemberian MPASI perdana, dikatakan dr.Tiwi, Sp.A, pada prinsipnya MPASI itu meniru komposisi di ASI, atau mencari komposisi yang sudah tidak cukup lagi di ASI. Menurutnya, komposisi MPASI yang harus diketahui oleh ibu atau orang tua baru, sebetulnya ada tiga kelompok yang penting.

"Satu, harus ada karbohidrat yang bisa dipilih, yakni makanan pokok apa yang sering dikonsumsi orang tua. Misal, orang tua makan nasi ya sudah bikin saja bubur nasi," jelasnya, dikutip dari YouTube channel drtiwitv, Rabu (13/5/2020).

Yang kedua, lanjut Tiwi, pada bayi yang sudah mulai MPASI, khususnya pada bayi ASI adalah protein hewani. Kenapa? Karena protein hewani ini adalah sumber zat besi dan zinc yang sudah tidak mencukupi lagi di ASI. Zinc dan zat besi adalah komponen yang hampir 100 persen dicari di MPASI.

Dijelaskan Tiwi, kalau baru mulai MPASI, kira-kira jumlah bubur yang sudah disaring diberikan satu sampai dua sendok makan, dengan protein hewani sekitar 15 gram yakni kira-kira satu telapak tangan bayi. Untuk mudahnya, komposisi beras dan protein hewani jumlahnya hampir sama.

"Jangan lupa komponen yang ketiga adalah menambah minyak sebagai sumber lemak. Kenapa? Karena dengan menambahkan minyak atau sumber lemak, bisa meningkatkan kalori dari MPASI yang memang diperlukan bayi," paparnya.

Ia juga mengingatkan, selain minyak, Bunda juga bisa menambahkan sumber lemak lain yang mudah didapat seperti mentega, santan, atau olive oil alias minyak zaitun. Tentu dengan takaran yang sesuai ya, Bunda.


Bunda, simak juga 8 jenis makanan untuk mencerdaskan otak anak, dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]

(muf/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi