sign up SIGN UP search


parenting

Mau Si Kecil Tumbuh Terampil? Coba 3 Aktivitas Motorik Ini di Rumah

Abu Ubaidillah Jumat, 15 May 2020 11:40 WIB
Parenting caption
Jakarta -

Selama di rumah, ada banyak hal yang bisa dilakukan salah satunya adalah mengajari si kecil beberapa kegiatan yang asyik lagi menyenangkan. Bukan hanya untuk seru-seruan saja, aktivitas yang dilakukan si kecil juga bisa berpengaruh pada motorik mereka.

Head of Medical Kalbe Nutritionals dr Muliaman Mansyur, mengatakan pada saat si kecil berusia 6 bulan, maka mulai diberikan makanan pendamping ASI (MPASI). Melalui MPASI ini akan terjadi stimulasi dan latihan untuk motorik kasar dan halus.

"Semakin bagus motorik halus dan motorik kasar yang sesuai usia maka kecerdasan si kecil akan dapat terjadi saat dewasa," ungkap dr Muliaman kepada HaiBunda beberapa waktu yang lalu.


Nah, mumpung di rumah saja, Bunda bisa coba 3 aktivitas berikut yang bantu tingkatkan motorik si kecil agar keterampilan meningkat seperti dilansir dari Teaching Littles berikut:

1. Membuka Tutup Buku Cerita

Saat membaca cerita pengantar tidur, ajaklah si kecil untuk membuka, membalik halaman, dan menutupnya. Bahkan, Bunda juga bisa meminta mereka bermain dengan buku agar keterampilan motorik mereka semakin terasah.

2. Memasukkan Sesuatu ke Wadah

Memasukkan benda ke wadah adalah salah satu keterampilan yang bisa dilatih untuk si kecil. Mintalah mereka untuk mengambil benda-benda kecil di sekitar, kemudian memasukkannya ke dalam wadah setelah Bunda mencontohkannya lebih dahulu.

3. Makan Sendiri

Waktu makan adalah pengalaman belajar motorik yang halus dan terbaik. Sebab, si kecil biasanya termotivasi oleh makanan dan mereka akan senang mencoba mengambil makanan favorit mereka kemudian memasukkannya ke dalam mulut.

Pemilihan makanan buat si kecil sangat penting. Untuk usia di bawah dua tahun ada baiknya diberi camilan yang berbentuk unik, tekstur yang mudah lumer, aman, dan bernutrisi. Paling penting adalah camilan tersebut bisa sekaligus dimanfaatkan oleh si kecil untuk melatih motoriknya.

Salah satu camilan sehat seperti Milna Nature Puffs Organic, camilan bebas gluten yang dapat membantu merangsang motorik halus si kecil dalam memegang makanan, mencubit 'pinching', memasukkan ke dalam mulut, serta mencoba menggigit, mengunyah dan menelannya. Semua proses yang berkaitan dengan makanan tersebut menurut dr Muliaman tentu akan merangsang motorik halus si kecil.

Dengan bentuk yang unik dan tekstur yang mudah lumer, Milna Nature Puff Organic dapat membantu perkembangan fungsi oral dan stimulasi si kecil. Milna Nature Puff Organic memiliki 3 varian rasa yaitu Apple & Mix Berries, Banana, dan Cheese.

dr Muliaman menambahkan beberapa contoh aktivitas motorik lain yang biasa dilakukan untuk meningkatkan kecerdasan si kecil. Contoh motorik kasar antara lain menendang, duduk saat diberikan MPASI, berdiri, berjalan dan berlari, serta naik turun tangga.

"Sementara motorik halus adalah kemampuan yang berhubungan dengan keterampilan fisik yang melibatkan otot kecil dan koordinasi mata-tangan Contohnya seperti menggambar, menulis, memotong, menyusun puzzle, atau memasukkan balok sesuai bentuknya," pungkas dr Muliaman.

(prf/ziz)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi